Paspor dan SPLP

Paspor adalah salah satu Surat Perjalanan Republik Indonesia (SPRI) yang merupakan dokumen milik negara yang harus dilindungi dan dijaga keberadaannya. Pemegang SPRI bertanggung jawab penuh atas SPRI yang dimilikinya. Paspor berlaku untuk masa 5 (lima) tahun sejak tanggal dikeluarkan. Sehubungan dengan hal tersebut, dan demi kepentingan anda sendiri, perhatikan dan ikutilah petunjuk berikut dibawah ini.

I. PERSYARATAN PERMOHONAN PASPOR PEMULA/BALITA:

  1. Salinan Akte Lahir yang dikeluarkan kantor Pencatatan Sipil Pemerintah Mesir.
  2. Salinan Paspor/KTP Orang Tua.
  3. Salinan Akta Nikah Orang Tua.

II. PERSYARATAN PENGGANTIAN PASPOR HABIS MASA BERLAKU:

  1. Penggantian Paspor dapat dilakukan paling cepat 6 (enam) bulan sebelum habis masa berlakunya.
  2. Paspor Asli.
  3. Salinan KTP
  4. Salinan Kartu Keluarga
  5. Salinan Akte Lahir
  6. Salinan Akte Nikah (bagi yang sudah menikah)
  7. Salinan Paspor/KTP Suami/Istri
  8. Salinan Paspor Orang Tua (bagi anak-anak)
  9. Salinan Perjanjian Kerja atau Kontrak Kerja (bagi TKI)
  10. Salinan Paspor/KTP Majikan (untuk TKI Informal: PLRT/Baby Sitter/Supir)
  11. Surat Kuasa/Tafwid dari majikan bilamana TKI Informal didampingi utusan majikan.
  12. Bagi Pelajar/Mahasiswa di Mesir, telah lapor status pendidikan terakhir.

III. PERSYARATAN PENGGANTIAN PASPOR RUSAK/HILANG:

  1. Paspor Asli (untuk paspor rusak)
  2. Melampirkan Mahdar/laporan kehilangan paspor dari kantor Polisi setempat dan mengisi Surat Pernyataan Kehilangan Paspor (untuk paspor hilang)
  3. Melampirkan persyaratan no. 3 s/d no 12 pada poin II (Persyaratan Penggantian Paspor habis masa berlaku).

IV. PROSEDUR PEMBUATAN PASPOR:

  1. Pembuatan Paspor RI tidak dapat diwakilkan kepada orang lain atau melalui pos, melainkan harus dilakukan oleh pemohon paspor itu sendiri dengan datang langsung ke Loket Pelayanan Kekonsuleran KBRI Cairo pada setiap hari kerja (kecuali hari libur resmi Indonesia dan Mesir) jam 09.00 – 12.30 (jam istirahat 12.30-13.30).
  2. Mengisi Formulir Lapor Diri dengan lengkap, jujur dan ditandatangani sendiri oleh pemohon sesuai dengan yang tertera di paspor (bagi yang data lapor dirinya belum tercantum di database Konsuler).
  3. Mengisi Formulir Paspor (Perdim 14) secara lengkap dengan huruf cetak dan menggunakan tinta hitam, dan ditandatangani sendiri oleh pemohon. Tanda tangan harus sesuai dengan yang tertera di paspor, dan tidak boleh atas nama atau diwakilkan kepada orang lain.
  4. Melampirkan seluruh persyaratan sesuai jenis permohonan sebagaimana pada poin I (Permohonan Paspor Pemula), poin II (Penggantian Paspor Habis Masa Berlaku) atau poin III (Penggantian Paspor Rusak/Hilang). Apabila ada dokumen yang dikirim dari Indonesia, pastikan dokumen tersebut discanner terlebih dahulu supaya hasilnya jelas dan tidak diperkenankan menerima dokumen hasil foto.
  5. Untuk TKI Informal (PLRT/Baby Sitter/Supir), dikarenakan Mesir bukan negara tujuan pengiriman TKI Informal dan Pemerintah Indonesia sudah menghentikan pengiriman TKI Informal ke seluruh negara Timur Tengah, hanya dapat diberikan penggantian paspor rusak/hilang apabila memiliki ijin tinggal/iqamah di Mesir.
  6. Khusus untuk TKI Informal yang belum memiliki kontrak kerja, akan disiapkan draft untuk diisi oleh majikan atau utusan majikan.
  7. Dengan dioperasikannya Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian (SIMKIM), maka pemohon yang sudah mengisi formulir paspor dengan lengkap akan dipanggil oleh petugas untuk wawancara (penginputan data), pemotretan langsung dan pengambilan sidik jari.
  1. Membayar Biaya sebagai berikut:
    1. Permohonan Paspor Pemula/Balita, Penggantian Paspor Habis Berlaku, Halaman Penuh Dan Paspor Rusak:
  • USD 10 ( Sepuluh Dollar Amerika)        : Paspor 24 Halaman
  • USD 30 (Tiga Puluh Dollar Amerika)      : Paspor 48 Halaman
    1. Permohonan Penggantian Paspor Hilang:
  • USD 20.00 Untuk paspor yang hilang 24 Halaman dan paspor perngganti 24 Halaman.
  • USD 40.00 Untuk paspor yang hilang 24 Halaman dan paspor pengganti 48 Halaman maupun sebaliknya.
  • USD 60.00 Untuk paspor yang hilang 48 Halaman dan paspor pengganti 48 Halaman.

    Setiap awal bulan, pembayaran biaya permohonan paspor harus melalui bank Commercial International Bank (CIB). Pastikan pemohon paspor melakukan pembayaran/transfer ke rekening KBRI Cairo setelah dokumen persyaratan dinyatakan lengkap dan mendapatkan arahan dari petugas loket pelayanan yang akan memberikan petunjuk pembayaran berupa no rekening tujuan transfer.
  1. Proses pembuatan Paspor Baru memakan waktu 2 (dua) hari kerja, kecuali dalam keadaan tertentu, proses pembuatan paspor baru bisa memakan waktu lebih lama.
  2. Paspor yang sudah selesai diproses dapat diambil oleh pemiliknya dan tidak boleh diwakili pada setiap hari kerja antara jam 13.30 – 15.30.​