Serah Terima Jabatan Wakil Dubes RI dan Kepala Kanselerai KBRI Cairo

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pada Minggu, 9 Agustus 2009, bertempat di ruang pertemuan "Balai Budaya" KBRI Cairo telah dilangsungkan acara serah terima jabatan Wakil Kepala Perwakilan RI (Deputy Chief of Mission/ DCM) dari Bapak A.M. Fachir (Duta Besar LBBP RI) kepada Bapak Hindar Yudo Soekarman (Minister) sekaligus serah terima jabatan Kepala Kanselerai (Head of Chancellery/ HOC) dari Bapak Burhanuddin (Minister Counsellor Politik) kepada Bapak Hindar Yudo Soekarman (Minister). Pada kesempatan tersebut juga diserahkan Memorandum Akhir Tugas Wakil Kepala Perwakilan RI dan Daftar Inventasi Rumah Wakil Kepala Perwakilan RI/Kepala Kanselerai.

Acara dihadiri oleh seluruh home staf dan local staf serta pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) KBRI Cairo.

Duta Besar RI, A.M. Fachir, dalam sambutannya antara lain menyampaikan keperluan agar selain acara tersebut merupakan "acara rutin pergantian/mutasi" juga selalu dimaknai untuk pelaksanaan tugas sesuai dengan visi dan misi KBRI Cairo. Dubes menggarisbawahi adanya tiga misi utama Kepala Perwakilan, yaitu: pertama, sebagai wakil Kepala Perwakilan dalam berbagai kegiatan, kedua sebagai koordinator yang mengkoordinir dan mensinergikan seluruh kegiatan fungsi-fungsi di KBRI Cairo dan ketiga sebagai negosiator. Selain itu, Dubes RI juga menggarisbawahi keperluan berperan aktifdalam pembinaan masyarakat Indonesia di Mesir.

Secara khusus, sebagai DCM yang sekaligus menjabat sebagai HOC, Wakil Kepala Perwakilan (Wakeppri) diharapkan terus berupaya melakukan berbagai perbaikan, baik perbaikin fisik KBRI maupun peningkatan professionalitas dan kapabilitas Sumber Daya Manusia (SDM) KBRI Cairo. Dubes meminta Wakeppri untuk dapat segera melakukan berbagai tugas tersebut, tentunya didukung oleh para staf KBRI lainnya. "Saya percaya, dengan semangat koordinasi dan kebersamaan, tugas-tugas tersebut, betapapun berat dan banyaknya, akan dapat dilakukan dengan baik", papar Dubes RI.

Dalam kesempatan tersebut, Dubes RI juga menyoroti salah satu tantangan pembenahan fisik KBRI, yang assetnya banyak berupa barang-barang yang sudah tua. Dalam kesempatan tersebut, Dubes RI juga menyampaikan terimakasih kepada Bapak Burhanuddin yang dipandang telah memberikan kontribusi yang sangat baik dalam upaya perbaikan fisik dan SDM KBRI Cairo. "Saya telah melihat Pak Burhanuddin telah banyak memberikan masukan perbaikan dan merintis blue print perbaikan fisik dan SDM kita, mudah-mudahan hal itu dapat diteruskan diperbaiki dan menjadi salah satu sumber rujukan dalam penanganan hal-hal tersebut" papar Dubes A.M. Fachir.

Pada kesempatan terseubut Dubes RI juga mengharapkan agar Ibu Hindar Yudo Soekarman dapat pula mulai berkiprah aktif dalam organsasi DWP KBRI Cairo ataupun dalam rangka kegiatan sosial lainnya. Secara khusus, Dubes RI menyampaikan apresiasi atas kiprah positif DWP KBRI Cairo dalam mendukung visid an misi KBRI Cairo, khususnya dalam upaya pencitraan positif Indonesia di Mesir.

Setelah acara serah terima tersebut, seluruh peserta melakukan foto bersama dan ramah tamah.