Pasangan SBY – Boediono Menangi Pilpres di Mesir

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Penyelenggaraan Pemilu Presiden (Pilpres) tahun 2009 di Mesir telah berlangsung sukses, lancar, aman dan damai. Pilpres tersebut diikuti oleh 3,257 pemilih (65,69% DPT), dengan perincian TPSLN I sebanyak 1,724 pemilih dan TPSLN II sebanyak 1,533 pemilih. Jumlah total suara sah dalam pilpres tersebut mencapai 3,138 suara, sementara suara tidak sah mencapai 119 suara. Selain itu, tercatat terdapat 85 pemilih tambahan yang antara lain Tim Komputer Indonesia "Imagine Cup" dan rombongan umrah Indonesia.

Dari jumlah suara yang ada, perolehan masing-masing calon adalah: Megawati-Prabowo 26 suara (0,8%), SBY-Boediono 1,951 suara (62,17%) dan JK-Wiranto 1,161 suara (36,99%). Dengan demikian, pasangan SBY-Boediono memenangkan Pilpres di Mesir.

Penyelenggaraan Pilpres di Mesir sendiri dimulai pada pukul 07.25 waktu setempat yang diawali dengan pengucapan sumpah janji masing-masing KPPSLN. Dubes RI Cairo, A.M. Fachir dan Ibu Yasmin Fachir diberikan kesempatan sebagai pemilih pertama di masing-masing TPSLN. Acara pemungutan suara berakhir pukul 17.05 WK, dan proses penghitungan suara dimulai pada pukul 18.25 WK.

Dubes RI Cairo menyampaikan apresiasi kepada seluruh masyarakat Indonesia dan panitia serta pihak-pihak lainnya yang telah ikut menyukseskan hajatan lima tahunan tersebut. "Tanpa ada bantuan dan pengertian dari seluruh pihak, serta kesadaran masyarakat untuk memberikan hak suaranya, penyelenggaraan kegiatan pilpres mustahil dilakukan. Kami cukup bangga dengan turn out out pemilu yang cukup tinggi sekitar 65, 5%", paparnya.

Selain itu, pada Kamis (9 Juli 2009), PPLN telah melakukan pertemuan dengan KPPSLN, Tim Sukses masing-masing Capres dan Waslu LN Cairo untuk menyepakati hasil Pilpres. Dalam pertemuan tersebut, seluruh pihak dapat menyetujui hasil pilpres dan tidak memberikan catatan apapun.