KBRI dan Masyarakat Indonesia di Mesir Rayakan Hari Pahlawan

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

"Bangsa yang besar adalah bangsa yang selalu ingat dengan sejarah para pahlawannya, dan adalah tanggung jawab kita pada posisi masing-masing untuk meneruskan jerih payah dan hasil yang telah dicapai para pahlawan tersebut", demikianlah kutipan Amanat Mentri Sosial yang dibacakan oleh inspektur upacara Dubes RI Cairo A.M. Fachir ketika upacara peringatan hari pahlawan di Cairo, yang diselenggarakan Senin (10 November 2008) di lapangan taman Wisma Duta KBRI Cairo.

Dalam amanat tersebut, disebutkan bahwa dibutuhkan kesadaran untuk dapat membangkitkan lagi elan vital semangat para pahlawan Indonesia yang gigih dalam upaya merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. Semangat itu antara lain semangat pantang menyerah, semangat untuk berkorban demi tercapainya cita-cita mulia, yaitu kemerdekaan.

Upacara bendera yang diikuti oleh seluruh staff KBRI Cairo, guru dan murid Sekolah Indonesia Cairo, perwakilan masyarakat Indonesia dan mahasiswa berjalan dengan hikmat, sederhana namun tertib. Upacara bendera berlangsung sekitar setengah jam diikuti sesi foto bersama antara Dubes RI dengan peserta upacara serta ramah tamah.

Untuk menumbuhkan semangat kepahlawanan serta memperkenalkan para pahlawan Indonesia khususnya kepada Siswa Sekolah Indonesia yang banyak diantaranya lahir dan besar di Mesir, panitia memasang beberapa foto pahlawan Indonesia beserta sejarah kehidupan dan perjuangannya.