Dubes RI Cairo Buka Sosialisasi Terpadu Pengelolaan Keuangan Negara

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Bertempat di ruang Bhineka, KBRI Cairo Garden City. Dubes RI Cairo A.M. Fachir membuka acara Sosialisasi Terpadu Pengelolaan Negara dan Jabatan Fungsional Diplomat kamis 18 Desember 2008. Dalam sambutannya, Dubes RI berharap agar acara ini nantinya dapat memberi dan menambah pengetahuan peserta dalam bidang manajamen khususnya terkait manajemen di perwakilan. Acara ini dihadiri antara lain oleh I Gusti Agung Made Rai, Anggota BPK RI, Priyo Iswanto, Karo Kepegawaian Deplu, delegasi dari Badan Kepegawaian Negara, Depkeu dan 19 perwakilan RI di kawasan timur tengah dan sekitarnya.

Dalam sambutannya, I Gusti Agung Made Rai menyambut baik acara ini sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk memperbaiki manajemen keuangan negara yang dalam kurun waktu tertentu tidak diurus dengan baik. "Selama lima puluh tahun kita tidur, baru setelah reformasi kita melek", demikian beliau menyampaikan. Salah satu indikatornya ialah negara bisa merampungkan undang-undang perbendaharaan negara setelah reformasi 1998, sebelumnya Indonesia menggunakan undang-undang yang disusun oleh Belanda pada tahun 1928.

Di lain pihak, Priyo Iswanto menyampaikan pesan Menteri Luar Negeri soal budaya bersih. Budaya bersih ini telah dicanangkan pasca restukturisasi Deplu 2002 dengan menekankan tiga aspek bersih diri, bersih waktu dan bersih administrasi. Dan acara ini merupakan bagian dari upaya Deplu melakukan bersih administrasi.

Acara sosialisasi ini akan berlangsung sampai dengan tanggal 22 Desember 2008, malam sebelumnya Dubes RI Cairo mengadakan welcoming dinner bagi para delegasi di Wisma Duta.