HIMBAUAN KBRI CAIRO ATAS RENCANA KEBERANGKATAN WARGA NEGARA INDONESIA YANG AKAN MENGIKUTI TEST MASUK UNIVERSITAS AL-AZHAR DI MESIR

12/19/2013

 

HIMBAUAN KBRI CAIRO ATAS RENCANA KEBERANGKATAN

WARGA NEGARA INDONESIA YANG AKAN MENGIKUTI TEST MASUK

UNIVERSITAS AL-AZHAR DI MESIR

 

            Sehubungan dengan banyaknya pertanyaan yang disampaikan kepada Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Cairo terkait dengan adanya informasi beberapa warga negara Indonesia yang akan berangkat ke Mesir dalam rangka mengikuti test masuk Universitas Al Azhar dan universitas lainnya di Mesir, serta untuk menghindarkan diri dari berbagai kemungkinan yang tidak dikehendaki, KBRI Cairo meminta perhatian WNI agar:

1. Selalu mencermati perkembangan situasi politik dan keamanan Mesir melalui berbagai sarana seperti website KBRI Cairo, media cetak, media elektronik, media online, serta memperhatikan himbauan perjalanan (travel advice) yang dikeluarkan oleh Pemerintah RI tanggal 25 Juli 2013, sebelum memutuskan untuk berangkat ke Mesir.

 

2. Mengikuti prosedur yang berlaku, khususnya agar memperoleh visa/ijin masuk ke Mesir secara resmi melalui Kedutaan Besar Republik Arab Mesir di Jakarta, sesuai tujuan bepergian ke Mesir. (Menurut informasi dari Pejabat Imigrasi Mesir, Pemerintah Mesir memperketat prosedur pengalihan izin tinggal di Mesir dari status kunjungan wisata menjadi status pelajar/mahasiswa).

 

3. Melakukan legalisasi atas salinan dan terjemahan dokumen (ijazah, sertifikat, akte kelahiran, buku nikah, dan sebagainya) di instansi yang mengeluarkan dokumen, Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia, Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, dan Kedutaan Besar Republik Arab Mesir di Jakarta.

 

4. Memiliki tiket pergi dan pulang yang sah untuk mengantisipasi apabila dalam test masuk nanti ternyata tidak berhasil lulus dan harus kembali ke Indonesia.

 

5. Memiliki bekal yang cukup untuk menunjang kehidupan serta memastikan telah memiliki akomodasi yang memadai selama mengikuti test masuk Universitas Al Azhar di Mesir.

 

6. Bagi WNI yang akan melanjutkan studi di Mesir termasuk di Universitas Al Azhar dihimbau terlebih dahulu untuk mendapatkan informasi yang resmi mengenai tata cara dan syarat-syarat untuk studi di Mesir dengan menghubungi kantor Atase Pendidikan KBRI Cairo. Contact Person: Cecep Taufikurrahman, hp: +201144822121, Email: abdicecepgarut@yahoo.com.


Cairo, 19 Desember 2013

Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya

KBRI Cairo