Lejitkan Ekspor Ke Mesir, 19 Perusahaan Indonesia ramaikan Business Gathering

Peluang peningkatan perdagangan antara Indonesia dengan Mesir masih tergolong besar dimana Mesir merupakan salah satu mitra dagang penting bagi Indonesia. Hal ini terungkap dalam Indonesia – Egypt Business Gathering yang diselenggarakan KBRI Cairo, Kamis (17/3) di Halaman Wisma Duta KBRI Cairo.

 

Business gathering tersebut dihadiri oleh KUAI KBRI Cairo, Meri Binsar Simorangkir, Direktur Pengembangan Promosi & Citra, Kemendag RI, Merry Maryati,  Wakil Ketua Kadin Giza, Mr. Eng. Mohamed Abdelrahman Baraka, 19 Perusahaan Indonesia Peserta Pameran Dagang Cairo International Fair dan 7 distributor produk Indonesia, korps diplomatik KBRI Cairo serta dihadiri lebih dari 70 importir dan pelaku usaha Mesir.

 

Atase Perdagangan KBRI Cairo, Burman Rahman mengawali acara dengan mengucapkan terima kasih atas kedatangan para peserta dari Indonesia dan kesediaan para pelaku bisnis Mesir untuk hadir dalam business gathering.  Burman mengharapkan agar event ini dapat dimanfaatkan untuk Iebih meningkatkan kerjasama, mendapatkan partner baru dan mengembangkan jejaring dalam meningkatkan hubungan bisnis (business to business).

 

Sementara itu, Direktur Pengembangan Promosi & Citra, Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kemendag RI, Merry Maryati menegaskan hubungan bilateral Indonesia dan Mesir telah melalui proses panjang dan telah menjalin kedekatan secara bathiniah. Mesir merupakan salah satu mitra dagang penting bagi Indonesia. Selain itu, Merry mengundang pelaku usaha Mesir berkunjung ke paviliun Indonesia di Pameran CIF 2016, dan juga mengundang pelaku usaha Mesir untuk melakukan kunjungan bisnis ke event business to business terbesar di Indonesia yaitu Trade Expo Indonesia yang telah diselenggarakan untuk ke 31 kali dan menampilkan produk ekspor berkualitas pada tanggal 12 - 16 Oktober 2016.

 

Akhmad Masun, Perwakilan PT Tunas Baru Lampung mewakili Pengusaha Indonesia menyebutkan keikutsertaan perusahaannya tahun lalu pada CIF 2015 membuahkan hasil gemilang, 80 % perusahahaan Indonesia yang ikut mendapatkan kontrak bisnis.

 

Dari pihak Mesir, mewakili importir dan pelaku usaha Mesir, Mr. Eng. Mohamed Abdurrahman Baraka, CEO  Baraka Contracting & Trading Co./Wakil Ketua Kadin Prop. Giza menghimbau pelaku usaha Mesir agar berlomba melihat peluang bisnis yang ada di Indonesia, Indonesia memproduksi produk-produk berkualitas tinggi, harga bersaing dan terpercaya. “Kami telah 28 tahun kontrak dagang dengan Indonesia, dan tidak pernah rugi, meraup untung yang berlipat ganda, bisnis dengan Indonesia itu mendatangkan keberkahan,” ungkap Baraka penuh semangat.

 

Kepala Usaha Ad-Interim Kedutaan Besar RI untuk di Mesir di Kairo, Meri Binsar Simorangkir mengundang dunia usaha di Mesir untuk memanfaatkan berbagai kemudahan yang disediakan pemerintah Indonesia untuk berbisnis dan berinvestasi dan saat ini sudah diterapkan sistem “Indonesia National Single Window” berupa penanganan dokumen kepabeanan, perizinan, dan dokumen lainnya yang berkaitan dengan kegiatan ekspor, impor dan logistik secara elektronik. Meri menyampaikan terima kasih atas loyalitas para importir dan buyer Mesir yang secara terus menerus membeli produk dari Indonesia, terima kasih kepada para pelaku bisnis Indonesia yang sudah menginjakkan kakinya ke Mesir dan segenap keluarga besar KBRI Kairo yang telah bekerja keras menyukseskan kegiatan business gathering ini.