Wapres RI Mulai Ikuti Rangkaian Pertemuan KTT G20

​Wakil Presiden Republik Indonesia M Jusuf Kalla mulai mengikuti rangkaian kegiatan utama KTT G20 2018 di Buenos Aires, Argentina. Wapres tiba di gedung utama acara Costa Salguero pada pukul 10.00, Jumat (30/11) waktu setempat. Tidak berselang lama, pada 10.30, Wapres mengikuti sesi jabat tangan dengan presiden Argentina Mauricio Macri. Acara sesi jabat tangan ini dilaksanakan bersama dengan pemimpin negara lainnya yang ikut serta dalam KTT G20.

Acara dilanjutkan dengan Leaders’ Retreat yang merupakan sesi berjejaring yang sifatnya informal selama satu jam. Acara tersebut berlangsung tertutup. Berselang satu jam, para pemimpin negara yang ikut serta kembali ke tempat salaman sebelumnya untuk mengikuti sesi foto atau family photo session.

Pertemuan kemudian diikuti dengan pertemuan sesi Plenary. Dalam pertemuan tersebut, Wapres didampingi Menteri Keuangan RI Sri Mulyani dan Wakil Menteri Luar Negeri Indonesia Mohammad Fachir. Dalam pidato pembukaannya, Presiden Macri menekankan bahwa acara summit ini adalah kesempatan untuk membangun kesamaan pendapat untuk mengatasi permasalahan ekonomi global untuk satu dekade ke depan.

“(Pertemuan) Ini adalah saat ketika kita sebagai pemimpin dunia memiliki kesempatan untuk bersama-sama mengatasi permasalahan (ekonomi global) dan bekerja dengan perbedaan-perbedaan (latar) kita demi kebaikan bersama. (Proses) ini telah terjadi selama 10 tahun terakhir, dan saya berharap bahwa dalam diskusi hari ini dan besok, kita dapat membangun konsensus untuk satu dekade berikutnya. Inilah tugas tugas besar (kita bersama) ke depannya,” sambut Presiden Macri (Sumber: DOK Wapres/KBRI Buenos Aires).