Lapor Diri

​Sesuai dengan Undang-undang No.23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan setiap Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di luar negeri wajib melaporkan keberadaan, kepindahan, perubahan alamat, status izin tinggal, serta kejadian penting lainnya (seperti kelahiran, perkawinan, perceraian, maupun kematian) kepada pemerintah setempat dan/atau Perwakilan RI yang meliputi tempat tinggalnya (Pasal 4 UU no.23/2006).

Untuk itu setiap Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di luar negeri diharapkan untuk melaporkan keberadaan dirinya kepada Perwakilan RI setempat apabila akan tinggal lebih dari 5 (lima) hari di negara yang dikunjungi. Lapor diri pada Perwakilan RI setempat akan membantu upaya perlindungan terhadap WNI yang berada di luar negeri.

Proses dan prosedur untuk lapor diri sangat mudah dan tanpa biaya apapun. Bagi WNI yang berdomisili di Belgia atau Luksemburg, silahkan melakukan registrasi dan kemudian lapor diri secara online melalui link ini.

Formulir yang telah diisi tersebut beserta scan pasfoto harap dikirim ke alamat e-mailkonsuler.brussel@kemlu.go.id.

Setelah itu, untuk mendapatkan mendapatkan sticker/stempel lapor diri di paspor anda, silahkan datang ke KBRI Brussel di alamat Avenue de Tervueren 294, 1150 Brussels. 

Untuk melaporkan kelahiran, silahkan mengunduh formulir pelaporan (klik disini). Formulir yang telah diisi lengkap harap dibawa ke KBRI Brussel bersama dengan kelengkapan lain untuk mendapatkan Surat Bukti Pencatatan Kelahiran Warga Negara Indonesia sebagai berikut:

  1. Akte kelahiran
  2. Surat pernikahan orangtua
  3. Kartu Tanda Penduduk (KTP) Belgia/Luksemburg
  4. Paspor Indonesia orangtua (ayah dan/atau ibu)

Softcopy formulir pelaporan kelahiran kiranya juga dikirimkan ke alamat e-mail konsuler.brussel@kemlu.go.id.

Guna informasi lebih lanjut, silahkan hubungi +32(0) 2 771 2666 (jam kerja) atau alamat e-mailkonsuler.brussel@kemlu.go.id.