Wamendag RI di Brussel: Terobos Eropa dengan Pendekatan Baru

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) RI, Mahendra Siregar bersama para pemangku kepentingan usaha, asosiasi bisnis RI melakukan terobosan, menggalang dialog ke ibukota Uni Eropa, Brussel, 26-28 April 2010. Wamendag RI didampingi Dubes RI untuk Belgia, Luksemburg dan Uni Eropa telah diterima dan disambut Kepala Kabinet Urusan Perdagangan Komisi Eropa, Marc Vanheukelen di kantor pusat Uni Eropa-Berlaymont Brussel(26/04/10).

 

Langkah bersama Kementerian Perdagangan, Perwakilan RI di Brussel dan para pemangku kepentingan, asosiasi bisnis, eksportir sawit, coklat, tekstil ini adalah upaya komprehensif dengan cara pandang baru membuka dialog sekaligus menangkap peluang. Demikian Wamendag RI menegaskan pentingnya komunikasi dilakukan secara bersama ke semua level pembuat keputusan maupun konstituen dunia usaha.

 

Gagasan terobosan ini adalah jembatan baru untuk saling memahami dan mengatasi kendala yang terjadi di lapangan. Ini langkah awal yang harus disambut semua pihak menjadi kebutuhan bersama. Nadjib Riphat Kesoema, Dubes RI Brussel menyambut gembira terobosan ini. “Dunia usaha kita seharusnya menangkap peluang yang terbuka pasca ditandatanganinya PCA RI-UE dan menyiapkan perangkat untuk mengisi puncak kerjasama RI-UE ini”, tambah Dubes.

 

Wamendag dan Dubes RI Brussel akan mengulirkan langkah terobosan dengan mengundang para pemangku kepentingan untuk membuka membuka biro perwakilan asosiasi di Brussel. asosiasi ini akan mendekatan kontak sekaligus dapat bergerak cepat menangkap peluang.

 

Diplomasi pemangku kepentingan (multistake holders diplomacy) yang digagas Wamendag RI-Perwakilan RI Brussel, lakukan pendekatan baru yang lebih komprehensif ini, seyogyanya mendapat dukungan dari para pelaku usaha di Tanah Air. Embrio Indonesia’s Incorporated baru, dalam iklim yang demokratis ini, istilah Wamendag RI, menjadi momentum dan tuntutan baru yang perlu terus menerus secara kreatif ditindaklanjuti. Demikian jelas PLE Priatna, Fungsi Penerangan KBRI Brussel di sela pertemuan tersebut.

 

Dewi Kusumastuti, Fungsi Ekonomi KBRI Brussel dan Oke Nurwan, Atase Perdagangan RI di Brussel yang turut menyiapkan rangkaian kegiatan pertemuan Wamendag RI menandaskan bahwa ini adalah langkah yang baik untuk menyambut hasil PCA RI-UE yang diharapkan segera dapat dirintis implementasi kegiatannya.

 

Dalam kunjungan kerja 2 hari Wamendag RI bersama GAPKI (Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia), eksportir Kakao/Coklat, industri tekstil dan produk tekstil, melakukan serangkaian pertemuan dan dialog terbuka dengan Natalie Lecoco, Dirjen asosiasi FEDIOL (Federation of European Oil and Proteinmeal Industry), David Zimmer, Sekjen Caobisco (Association of Chocolate, Biscuit and confectionary Industry), Mattiew Lacaze Presdir BNP PARIBAS, Presiden Euratex, Peter Pfneisi, Sekjen European Biodiesel Board (EBB), Rafaello Garofalo, serta mengunjungi perusahaan PICANOL.

 

Wamendag RI dijadwalkan akan mengunjungi pameran produk laut dan ikan (European Seafood Exposition), pameran industri produk hasil laut dan ikan terbesar di Eropa. Sekitar 21 perusahaan Indonesia berpartisipasi dalam pameran ini (27/04/10) di Hassel, pinggiran kota Brussels. Dari Brussel, Wamendag RI akan melanjutkan kunjungan ke London untuk menutup sebulan pameran produk Indonesia di pusat perbelanjaan Harrods-London (29/04/10).