Indonesia dan Luksemburg perluas peluang kerjasama penanaman modal: Kunjungan Ketua BKPM ke Luksemburg

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pada tanggal 18 November 2009, KBRI Brussel bekerja sama dengan Chamber of Commerce Luxembourg dan BKPM, telah melangsungkan seminar “Business Opportunity in Indonesia”. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari upaya Pemerintah RI untuk memajukan berbagai potensi ekonomi Indonesia, termasuk investasi dan perdagangan. Seminar tersebut juga diarahkan untuk mendorong peningkatan hubungan bisnis Indonesia - Luksemburg.

 

Dalam kesempatan tersebut, Ketua BPKM Gita Irawan Wiryawan telah bertindak sebagai pembicara kunci, disamping sejumlah pembicara lainnya, seperti Staf Ahli Menteri Perdagangan untuk Iklim Usaha, Widharma Raya Dipodiputro; Staf Ahli Menteri Perindustrian untuk Iklim Usaha dan Investasi, Roosmariharso; dan Peneliti Senior Bank Indonesia, Zainal Abidin.

 

Sebelum memberikan presentasi, tim pejabat Indonesia tersebut mengunjungi Luxair, sebuah perusahaan kargo terkemuka Luksemburg dalam rangka peninjauan sistem logistik modern serta untuk penjajakan dukungan ekspor Indonesia ke Eropa melalui transportasi udara. Hal ini dipandang sangat penting untuk meningkatkan supply chain produk-produk ekspor Indonesia, sehingga nilai tambah dari komoditas tersebut lebih maksimal.

 

Kegiatan promosi langsung ke negara yang merupakan salah satu pusat finansial dunia dan yang memiliki tingkat PDB per kapita tertinggi di Eropa dalam pandangan Dubes Nadjib Riphat Kesoema merupakan bagian dari perwujudan komitmen Pemerintah Indonesia untuk menarik investasi dan mendorong ekspor guna peningkatan kinerja perekonomian nasional. Hal ini adalah implementasi konkrit dari program kerja 100 hari Kabinet Indonesia Bersatu II. Diharapkan kegiatan dimaksud akan dapat ditindaklanjuti secara teknis oleh kalangan bisnis terkait yang juga akan hadir dalam pertemuan dimaksud. 

 

Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan seminar dan kunjungan tim pejabat Pemerintah RI ke Luksemburg pada tanggal 18 November 2009 dapat diarahkan kepada Kedutaan Besar Republik Indonesia di Brussel, attn. Ibu Dewi Kusumaastuti, Minister Counsellor Ekonomi, tel. +32 2 775 01 20 atau +32 2 775 01 49 atau melalui e mail primebxl@skynet.be. 

 

Luksemburg,   November 2009