Dubes Yuri Thamrin Bertemu Dengan President of the Belgian Chamber of Representative

6/21/2016

PRESS RELEASE

No.  XII/PEN/VI/2016

 

 

Dubes Yuri Thamrin Bertemu Dengan

President of the Belgian Chamber of Representative

 

 

Indonesia merupakan mitra penting Belgia, demikian makna utama dari diskusi dalam pertemuan Duta Besar RI Yuri O. Thamrin dengan Y.M. Siegfried Bracke, President of the Belgian Chamber of Representative (Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Belgia), pada tanggal 16 Juni 2016, bertempat di Gedung Parlemen Federal Belgia.

 

Dalam kesempatan tersebut Y.M. Bracke menyampaikan sambutan baik atas kesuksesan kunjungan Misi Ekonomi Belgia ke Indonesia yang dipimpin Putri Astrid pada bulan Maret 2016, dan berharap dapat berimbas pada peningkatan hubungan ekonomi kedua negara. Beliau juga menyampaikan harapannya agar peningkatan juga dapat dilakukan terhadap berbagai sektor kerjasama seperti pendidikan, sosial-budaya dan tentunya kerjasama antar-parlemen. Y.M. Bracke juga menyampaikan kekagumannya pada Indonesia sebagai  negara berpenduduk mayoritas Islam yang demokratis, dan terus berkembang perekonomiannya.

 

Duta Besar RI Yuri Thamrin dalam tanggapannya menyambut baik rencana kunjungan Y.M. Bracke ke Indonesia  di akhir 2016, untuk memenuhi undangan Ketua DPR RI sebagai timbal balik dari kunjungan Wakil Ketua DPR RI ke Belgia pada November 2015. Dubes Yuri menekankan bahwa Indonesia juga memandang penting peningkatan hubungan kedua negara dalam bidang perdagangan, investasi, pendidikan dan pariwisata. Satu diantaranya adalah; melalui berbagai skema Indonesia berupaya meningkatkan kerjasama dengan sistem pendidikan yang sangat maju di Belgia.

 

Setelah pertemuan dengan Y.M. Bracke, Dubes Yuri juga bertemu dengan anggota DPR Belgia; Ms. An Capoen dan Mr. Gilles Foret yang adalah Chair dan Vice-Chair dari Bilateral Parliamentary Friendship Group Belgian-Indonesian di Parlemen Belgia. Dalam diskusi tersebut semua pihak menekankan kembali keinginan bersama untuk memperkuat ikatan kerjasama antara kedua negara.

 

 

KBRI Brussels, Juni 2016.