Diaspora RI di Belgia dan Luksemburg Merayakan Idul Fitri 1437 H

7/8/2016

​Cuaca mendung dan berangin tidak menyulutkan animo lebih dari 600 diaspora Indonesia di Belgia dan Luksemburg untuk memenuhi undangan Dubes RI Brussel beserta Ibu Sandra Thamrin dalam Open House Perayaan Idul Fitri 1437 H di Kediaman Duta Besar RI Brussel, Rabu 6 Juli 2016. Kegiatan ini menjadi ajang bersilaturahmi sekaligus bertatap muka dengan Dubes RI Brussel dan sesama diaspora Indonesia lainnya.

Selain bersilaturahmi, diaspora Indonesia juga disajikan beragam hidangan khas nusantara, antara lain ketupat sayur, somay, soto mie Bogor, aneka rebusan dan martabak lengkap dengan saus dan acarnya. Semakin petang dan cuaca semakin bersahabat, diaspora Indonesia di Belgia dan Luksemburg semakin larut dalam kemeriahan Har Raya. Bergantian tamu yang hadir menyumbangkan berbagai lagu dengan iringan organ tunggal. Meski dilakukan dengan sangat sederhana, tetapi suasana keakraban sangat nampak di antara para tamu, yang hadir untuk sekedar melepas kangen dan bersenda gurau dengan sesama diaspora Indonesia di Belgia dan Luksemburg. Tak heran jika apresiasi dan ucapan terimakasih mengalir deras kepada Dubes RI Brussel dan Ibu Sandra Thamrin, yang telah menyelenggarakan acara Open House tersebut.

 

Figure 1: Organ Tunggal sebagai Hiburan Open House di Kediaman Dubes RI Brussel

 

 Figure 2: Diaspora Indonesia yang hadir larut dalam kemeriahan Perayaan Idul Fitri 1437 H

Sebelum acara Open House berlangsung, KBRI Brussel bersama Keluarga Pengajian Masyarakat Muslim Indonesia (KPMI) Belgia juga melaksanakan Sholat Ied yang dipadati lebih dari 350 warga Muslim Indonesia di Belgia dan sekitarnya. Selain masyarakat Indonesia, sholat Ied juga diikuti oleh beberapa warga negara Belgia keturunan Tunisia, Aljazair, dan negara-negara Afrika. Setelah Sholat Ied, para jamaah saling bersalaman dan meminta maaf atas kekhilafan dan kesalahan yang telah diperbuat.

(Sumber: KBRI Brussel 2016)