Larangan Terbang Dicabut, Lion Air, Batik Air dan Citilink Kini Dapat Terbang di Langit Eropa

6/21/2016

No.   11/PEN/VI/2016

 

Larangan Terbang Dicabut, Lion Air, Batik Air dan Citilink
 Kini Dapat Terbang di Langit Eropa

 

               

                Kabar menggembirakan datang dari Uni Eropa terkait dunia aviasi Indonesia. Melalui siaran pers tertanggal 16 Juni 2016, secara resmi Uni Eropa mencabut larangan terbang bagi 3 (tiga) maskapai Indonesia: Citilink, Lion Air dan Batik Air. Seperti dilansir siaran pers tersebut, EU Commissioner untuk Transportasi, Violeta Bulc mengatakan bahwa pihaknya sangat mengutamakan dan memberlakukan standar keamanan aviasi yang tinggi untuk Uni Eropa. Lebih jauh Bulc menambahkan bahwa ia menyambut baik pencabutan larangan terbang bagi beberapa maskapai dan hal tersebut adalah buah dari technical assistance pemberlakuan standar tinggi keamanan aviasi Uni Eropa selama bertahun-tahun.

 

                Kabar pencabutan larangan terbang bagi ketiga maskapai Indonesia ini diumumkan bersamaan dengan dicabutnya larangan terbang bagi seluruh maskapai Zambia, termasuk Air Madagascar dan sebagian besar maskapai Iran.

 

                Data EU Air Safety List mencatat masih terdapat 216 maskapai yang dilarang terbang di langit Uni Eropa, termasuk di dalamnya 214 maskapai dari 19 negara berdasarkan rekomendasi dari European Aviation Safety Agency (EASA) dan International Civil Aviation Organization (ICAO).

 

                Dicabutnya larangan terbang ini dinilai sebagai pengakuan internasional terhadap dunia aviasi Indonesia dalam aspek keamanan penerbangan. Dengan dicabutnya larangan terbang bagi ketiga maskapai tersebut, maka ketiga maskapai tersebut diperbolehkan terbang di langit Uni Eropa menyusul 4 (empat) maskapai lainnya yang sudah terlebih dahulu diizinkan terbang, yaitu Garuda Indonesia, Airfast Indonesia, Ekspres Transportasi Antarbenua dan Indonesia Air Asia.

 

Sumber: KBRI Brussel