Penyerahan Surat Kepercayaan Dubes LBBP RI untuk Belgia

4/14/2016

​PRESS RELEASE

No.  VI/PEN/IV/2016 

 Penyerahan Surat Kepercayaan Dubes LBBP RI untuk Belgia

Brussel, 14 April 2016

Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia (Dubes LBBP RI) untuk Kerajaan Belgia, Yuri O. Thamrin telah menyerahkan surat-surat kepercayaan (credentials) kepada Raja Belgia, Y.M Philippe pada hari Kamis, 14 April 2016. Pada acara penyerahan surat kepercayaan tersebut, Dubes RI didampingi oleh Deputy Chief of Mission, Kordinator Fungsi Protokol, dan Pelaksana Fungsi Ekonomi KBRI Brussel.

Rangkaian acara dimulai dengan penjemputan Duta Besar RI di Wisma Duta dengan kendaraan dan pengawalan khusus protokol Kerajaan Belgia. Memasuki halaman istana, Duta Besar Yuri O. Thamrin diterima oleh Kepala Protokol Kerajaan Belgia dan menerima penghormatan dari pasukan berkuda istana. Duta Besar Yuri O. Thamrin kemudian kemudian memasuki ruang upacara (Hall of Ceremonies) dan diterima oleh Raja Belgia, King Philippe untuk melakukan penyerahan Surat-Surat Kepercayaan.

Dalam pembicaraan yang dilakukan setelah penyerahan surat-surat kepercayaan, Raja Philippe mengungkapkan kebanggaannya atas meningkatnya hubungan bilateral Belgia-RI yang telah dicapai dalam berbagai bidang. Salam hormat juga disampaikan oleh Raja Philippe kepada Presiden RI dan rakyat Indonesia. Dalam tanggapannya, Dubes RI mengucapkan terima kasih atas sambutan yang telah diberikan oleh Raja Belgia dan menyampaikan salam hangat dari Presiden RI dan rakyat Indonesia kepada Presiden dan rakyat Belgia. Dubes RI juga menyampaikan bahwa Indonesia dan Belgia telah telah memilliki jalinan hubungan bilateral yang harmonis dan mengharapkan agar dapat meningkatkan kerja sama antara kedua negara di berbagai bidang.

Usai acara penyerahan Surat Kepercayaan dan ramah tamah, prosesi credentials diakhiri dengan acara pengambilan foto bersama bersama.

Sebagai bagian dari rangkaian acara, Duta Besar Yuri O. Thamrin langsung menuju Hotel Steigenberger Wiltcher's yang terletak di Avenue Louise 71, 1050 Bruxelles dalam acara  vin d'honneur dengan para Duta Besar negara sahabat, kalangan korps diplomatik, pejabat tinggi, kementerian/institusi Belgia, kalangan pengusaha, akademisi, penggiat seni budaya, dan kalangan media. Dalam sambutannya, Duta Besar RI menggarisbawahi pentingnya melanjutkan hubungan baik RI-Belgia yang telah dibangun selama ini, terutama dengan terus meningkatkan hubungan ekonomi/perdagangan, investasi, pariwisata dan sosial budaya. Ditambahkan Duta Besar RI bahwa Indonesia juga akan mengembangkan inisiatif kerjasama keamanan regional dan demokrasi.

(KBRI Brussel)