Berbisnis di Belgia

Belgia merupakan lokasi strategis untuk berbisnis di Eropa. Belgia juga merupakan rumah dari berbagai institusi Uni Eropa, NATO, dan kantor utama perusahaan multinasional. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri untuk menanamkan investasi di negara ini. Akses internasional yang mudah untuk jalur kereta, udara, dan pengiriman membuat Belgia menjadi lokasi strategis untuk industri dan logistik serta berpotensi untuk mendorong pertumbuhan bisnis.

Belgia adalah sebuah negara dengan dua kelompok etnik bahasa, yakni wilayah Flanders – berbahasa Belanda dan wilayah Walonia – berbahasa Prancis. Di sektor investasi, para pebisnis dapat menanamkan investasi dan membuka perusahaan di wilayah Flanders, Walonia, dan Brussels.


Prosedur Investasi di Brussels

Beberapa prosedur investasi dan pembukaan usaha di Brussels atau Belgia secara umum adalah sebagai berikut:

1.    Menentukan jenis perusahaan

Sebuah bisnis yang didirikan di Belgia dapat berbentuk anak perusahaan (subsidiary) atau kantor cabang (branch office). Pilihan ini memiliki konsekuensi hukum dan fiskal yang signifikan.

Kantor Cabang (Branch Offices)

Kantor cabang (Branch offices) tidak diperlakukan sebagai entitas terpisah dari perusahaan induk di negara asing, sedangkan anak perusahaan (subsidiaries) masih dianggap sebagai perusahaan Belgia. Dengan kata lain, kantor cabang hanyalah perpanjangan dari perusahaan induk asing; kantor cabang tidak memiliki saham atau dewan direksi. Keuntungan membuka kantor cabang adalah: a) tidak ada modal minimum yang dibutuhkan untuk memulai bisnis; b) tidak perlu membutuhkan jasa notaris untuk membuat cabang; c) mendapat manfaat fiskal.

Anak Perusahaan (Subsidiary)

Sebuah perusahaan yang dibuat dan dikapitalisasi di Belgia oleh perusahaan induk. Anak perusahaan memiliki dewan direksi sendiri, sehingga anak perusahaan dan perusahaan induk dianggap dua badan hukum yang terpisah. Keuntungan mendirikan anak perusahaan adalah: a) perusahaan induk tidak dapat bertanggung jawab atas anak perusahaan; b) dari sudut pandang pemasaran, anak perusahaan merupakan perusahaan asing yang hadir mengatasnamakan Belgia karena mengadopsi peraturan-peraturan Belgia.

2.    Memilih bentuk perusahaan

Investor yang memutuskan untuk mendirikan anak perusahaan (subsidiaries) akan perlu memilih bentuk perusahaan yang paling sesuai dengan anak perusahaan mereka. Bentuk perusahaan yang paling umum di Belgia adalah perusahaan saham publik (the public stock corporation), perseroan terbatas (the limited liability company), dan perusahaan koperasi (the cooperative company).

3.    Mendaftarkan kantor cabang (branch office)

Apabila perusahaan asing memutuskan untuk mendirikan kantor cabang di Belgia, terdapat beberapa langkah yang perlu diselesaikan:

        a.    Corporate resolutions

        b.    Dokumen-dokumen resmi

               Sebelum membuka kantor cabang di Brussels, dokumen-dokumen berikut harus diaktakan oleh notaris dari negara asal dan diterjemahkan ke dalam bahasa Belanda atau Perancis oleh penerjemah Belgia bersertifikat resmi. Terjemahan tidak diperlukan ketika dokumen yang diserahkan sudah tersedia di salah satu bahasa resmi tersebut. Beberapa dokumen tersebut adalah:

  1.   Articles of incorporation/by-laws of the foreign company
  2. Corporate resolutions
  3. Certificate of the foreign Register of Commerce confirming the existence of the company

        c.    Dokumen Keuangan

Perusahaan asing harus juga menerjemahkan rekening tahunan terbaru dari perusahaan induk untuk mendaftarkan mereka dengan the National Bank of Belgium.

        d.    Langkah-langkah Administratif

  • Court of Commerce: dokumen-dokumen yang tercantum di atas harus terdaftar dengan the Court of Commerce wilayah hukum dimana cabang didirikan.
  • 'One stop desk' for enterprises: kantor cabang perlu datang ke 'one step desk for enterprises' yang akan meregistrasikan kantor tersebut di the Crossroads Bank for enterprises. Dalam 'one stop desk', perusahaan dapat memeroleh: a) enterprise number b) VAT number
     

4.    Mendaftarkan anak perusahaan (Belgian subsidiaries)
Apabila perusahaan asing memutuskan untuk mendirikan anak perusahaan di Belgia, langkah-langkah yang harus diselesaikan adalah:

  1. Tindakan pendirian (act of incorporation)
    Pembentukan sebuah perusahaan memerlukan penyusunan anggaran dasar yang harus disahkan terlebih dahulu sebelum diserahkan ke notaris Belgia.
  2. Membuka rekening dengan lembaga keuangan
    Setelah kontak pertama dengan notaris untuk persiapan pendirian perusahaan, perusahaan tersebut harus membuka rekening bank. Akun ini akan digunakan untuk deposit modal minimum yang diperlukan untuk pembukaan anak perushaan dan seluruh transaksi lainnya yang diperlukan.
  3. Pendaftaran dengan the Crossroads Bank for Enterprises melalui 'one stop desk'
    Perusahaan yang melakukan bisnis di Belgia harus mendaftarkan diri di database resmi perusahaan the Crossroads Bank for Enterprises melalui 'one stop desk'.
  4. Pendaftaran untuk VAT/PPN
    Dalam kondisi tertentu, perusahaan bertanggung jawab untuk PPN. Anak perusahaan perlu mendaftarkan diri untuk mendaftarkan nomer PPN setelah mendapat nomor perusahaan.
  5. Asuransi Sosial dan Kesehatan
    Sebuah perusahaan yang memperkerjakan staf-stafnya di Belgia harus mendaftarkan diri di the National Agency of Social Security. Semua pekerja mandiri harus mendatar dengan perusahaan asuransi sosial. Asuransi ini memberikan hak manfaat keluarga, tunjangan anak, pensiun, serta beberapa manfaat kesehatan.

    Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui website Invest in Brussels: http://www.investinbrussels.com/en/index.cfm/setting-up-for-business/company-types-and-registration/

 

Prosedur Investasi di Wilayah Flanders

Di wilayah Flanders – berbahasa Belanda, peluang bisnis juga terbuka lebar untuk para investor asing. Sama dengan di Brussels, cabang dan anak perusahaan adalah jenis bisnis pilihan untuk berinvestasi di Flanders. Mendirikan kantor cabang (branch office) membutuhkan waktu sekitar satu bulan dengan asumsi semua dokumen yang diperlukan telah disusun. Di sisi lain, mendirikan anak perusahaan (subsidiaries) umumnya berlangsung lebih cepat dan dapat diselesaikan dalam hitungan hari.

1.    Membuka Kantor Cabang (Branch Office)

  1. Mengumpulkan dan mempersiapkan dokumen yang diperlukan dari negara perusahaan induk;
  2. Memastikan semua dokumen telah dilegalisir/sahkan dari notaris dan disahkan dan/atau telah disahkan oleh kedutaan atau konsulat Belgia;
  3. Memastikan dokumen telah dilegalisir oleh Departemen Luar Negeri di Belgia;
  4. Meminta penerjemah bersertifikat/tersumpah untuk mempersiapkan terjemahan ke dalam bahasa Belanda, bahasa resmi Flanders;
  5. Lengkapi dokumen yang diperlukan dan dapatkan nomer registrasi bisnis;
  6. Mengajukan permintaan untuk publikasi di Belgian Official Gazette;
  7. Daftarkan kantor cabang di 'business one-stop shop' agar cabang perusahaan dapat terdaftar secara resmi di the Crossroads Bank for Enterprises;
  8. Memenuhi seluruh persyaratan dalam hal VAT/PPN, jaminan sosial dan asuransi sosial;
  9. Membuka bisnis.

2.    Membuka anak perusahaan (subsidiaries)

Membuka anak perusahaan perlu melalui beberapa langkah di bawah ini berdasarkan hukum Belgia, yakni:

  1. Menggambarkan anggaran dasar dan perkiraan anggaran;
  2. Membuka special blocked account di bank Belgia;
  3. Pendiri melakukan deposit di blocked account tersebut;
  4. Menyerahkan tanda terima setoran ke notaris dalam pertemuan pendirian usaha/incorporation meeting;
  5. Mengesahkan the memorandum of association;
  6. Mendapatkan nomor pendaftaran bisnis/perusahaan melalui notaris;
  7. Mengajukan permintaan untuk publikasi di Belgian Official Gazette;
  8. Mendaftarkan anak perusahaan melalui 'business one-stop shop' agar dapat tercantum dalam database resmi the Crossroads Bank for Enterprises;
  9. Memenuhi seluruh persyaratan dalam hal VAT/PPN, jaminan sosial dan asuransi sosial;
  10. Membuka bisnis.

Informasi lebih lanjut dapat mengunjungi website Flanders Investment and Trade (FIT): http://www.flandersinvestmentandtrade.com/invest/en/investing-in-flanders/setting-business/how-start-company-quickly-in-flanders

 

Prosedur Investasi di Wilayah Wallonia

Di wilayah Wallonia – berbahasa Prancis, peluang bisnis juga terbuka lebar untuk para investor asing. Menurut the Walloon Export and Foreign Investment Agency (AWEX), Google, Microsoft, GSK, Baxter, Décathlon, dan lainnya telah memilih Walonia untuk meletakan investasi mereka.

Di Wallonia, mendirikan bisnis dan sebuah perusahaan, apapun bentuknya, membutuhkan proses yang sangat mudah dan cepat. Paling cepat, dapat terselesaikan selama tiga hari apabila dokumen sudah tersusun dan terlengkapi dengan baik. Hal terpenting yang harus diperhatikan adalah setiap usaha, orang, atau badan hukum yang ingin berdiri sebagai perusahaan komersial harus mendaftarkan diri ke the Banque Carrefour des Entreprises, sebuah database formal pendaftaraan perusahaan, dan disetujui oleh pemerintah federal. Memiliki sertifikat perizinan bisnis yang dikeluarkan oleh the Federal Public Service (FPS) for the Economy, SME, Middle Classes and Energy juga diperlukan untuk membuka perusahaan dan berbisnis di wilayah Wallonia.

Sumber: AWEX dan Invest in Wallonia

www.awex.be