Berbisnis di Luksemburg

 

Luksemburg sebagai salah satu pusat keuangan dunia yang berpotensi memberikan manfaat yang positif dari sisi peluang investasi, khususnya investasi finansial.

 

Terdapat lima tahap penting yang perlu diperhatikan untuk berbisnis dan berinvestasi di Luksemburg:

1.    Prasyarat

Sebelum mengajukan permohonan izin usaha (business permit), penting untuk para pebisnis untuk memenuhi persyaratan izin usaha sebagai berikut:

           a.    Integritas Profesional (Professional Integrity)
           Hal ini bertujuan untuk menjamin integritas profesi dan untuk melindungi mitra kontrak dan klien di masa depan.

           b.    Kualifikasi profesional (professional qualification) berkaitan dengan kegiatan yang direncanakan:

  • Kegiatan komersial, termasuk kegiatan industri (commercial activities);
  • Profesi liberal (liberal profession);
  • Sektor kerajinan (craft sectors);

    c.    Pendirian perusahaan di Luksemburg
    Izin usaha hanya diberikan apabila ada bentuk fisik (gedung, dll) di Luksemburg yang mencangkup infrastruktur yang sesuai dengan sifat dan skala kegiatan dari bisnis tersebut.

    d.    Manajemen bisnis yang efektif dan permanen oleh pemegang izin usaha
    Penting untuk pemegang izin usaha untuk: Secara efektif mengelola dan menjalankan perusahaan secara langsung. Kehadiran permanen dari orang ketiga, tidak cukup untuk menggantikan ketidakhadiran pemegang izin usaha; Selalu dihubungan dengan bisnis yang dijalani (sebagai pemilik, pemegang saham atau pekerja yang digaji oleh bisnis tersebut).

         e.    Kepatuhan terhadap kewajiban pajak dan bisnis

2.  Mengajukan izin usaha (business permit)

Kebanyakan kegiatan komersial, sektor kerajinan, atau profesi liberal tertentu memerlukan izin usaha dari the Directorate General for SMEs and Entrepreneurship of the Ministry of the Economy.

3. Pendirian dan Pendaftaran
Apapun bentuk bisnis dan hukumnya, bisnis yang berbasis di Luksemburg harus terdaftar di the Luxembourg Trade and Companies Register.

4. Pendaftaran dengan Administrasi Jaminan Sosial

Pemegang izin usaha harus mendaftar dengan the Joint Social Security Centre (Centre commun de la sécurité sociale – CCSS) baik sebagai pekerja wiraswasta (self-employed worker) atau sebagai karyawan yang digaji (salaried employee). Sebelum mendaftarkan pekerja yang digaji, pemegang izin usaha harus mendaftarkan bisnis mereka sebagai pemberi pekerjaan (employer).

5. Pendaftaran dengan otoritas pajak

Bisnis yang berdomisili di Luksemburg harus mendaftar untuk VAT/PPN ke the Luxembourg Land Registration & Estates Department (Administration de l'enregistrement et des domaines – AED). Perusahaan juga perlu menghubungi the Luxembourg Inland Revenue (Administration des contributions directes – ACD).

Informasi lebih lanjut mengenai pendirian usaha dan bisnis di Luksemburg dapat mengunjungi halaman Luxembourg for Business and Innovation: https://www.luxembourgforbusiness.lu/en/invest/doing-business-luxembourg