Surat Keterangan

​A. Surat Keterangan Kelahiran

Surat keterangan kelahiran adalah surat yang dikeluarkan oleh Perwakilan RI di Luar Negeri yang mencatat kelahiran seorang anak yang ayahnya atau ibunya atau kedua orangtuanya adalah Warga Negara Indonesia (WNI).

Persyaratan:
1.Mengisi formulir Surat Keterangan Kelahiran.
2.Akta kelahiran (birth certificate) anak, yang asli dan fotokopi.
3.Fotokopi paspor ayah dan ibu si anak.
4.Surat nikah (marriage certificate) orangtua, yang asli dan fotokopi.
5.Biaya (fee) EUR 10 (sepuluh euro) dibayar dalam bentuk uang tunai atau menggunakan Bancontact.

B. Surat Kuasa/ Pernyataan

Cap Melihat untuk Surat Kuasa/ Pernyataan untuk jual beli/ perjanjian untuk digunakan di Indonesia.

Persyaratan:
1.Dokumen Surat Kuasa/ Pernyataan yang asli berisi maksud, tujuan dan informasi yang jelas. (Catatan: Dalam dokumen Surat Kuasa/ Pernyataan itu harap dicantumkan: (i) nomor paspor pemohon; (ii) alamat pihak pemohon di Belgia atau Luksemburg; (iii) nama pemohon yang tertera di dokumen Surat Kuasa/Pernyataan harus sesuai dengan nama yang tertera di paspor (indonesia) pemohon; (iv) nama, alamat dan no. KTP yang diberi kuasa di Indonesia; (v) menempelkan materai Rp 6.000 (enam ribu rupiah) yang dibubuhkan tandatangan pemohon di atasnya; (vi) dokumen surat kuasa/ pernyataan harus ditandatangani di depan staf Fungsi Protokol dan Konsuler KBRI Brussel).
2.Dokumen Surat Kuasa/ Pernyataan harus diketik yang rapi atau hasil cetakan (print out) dari komputer. Dokumen hasil fax maupun tulisan tangan tidak dapat diterima dan diproses.
3.Fotokopi paspor (Indonesia) pemohon yang masih berlaku (sebaiknya paspor asli dibawa dan ditunjukkan pada staf Fungsi Protokol dan Konsuler KBRI Brussel).
4.Fotokopi kartu ID Belgia atau Luksemburg pemohon yang masih berlaku.
5.Jasa tidak dikenakan biaya.

C. Surat Keterangan Kematian

Penerbitan Surat Keterangan Kematian yang dikeluarkan oleh pihak Perwakilan RI di Luar Negeri bagi jenazah yang akan dikirimkan untuk dikebumikan di tanah air.

Persyaratan:
1.Surat kematian (death certificate) asli dari rumah sakit.
2.Surat keterangan dari Funeral Home yang menerangkan bahwa jenazah almarhum/ almarhumah (the deceased) bebas dari penyakit menular.
3.Surat keterangan dari Funeral Home yang menerangkan bahwa jenazah almarhum/ almarhuman (the deceased) telah diformalin (embalmed).
4.Paspor asli almarhum/ almarhumah (the deceased).

D. Surat Keterangan Nikah

Surat keterangan yang dikeluarkan oleh Perwakilan RI di Luar Negeri yang mencatat pernikahan antara Warga Negara Indonesia (WNI) maupun antara WNI dengan Warga Negara Asing (WNA).

Persyaratan:

  1. Mengisi formulir Surat Keterangan Nikah.
  2. Fotokopi Akta Nikah (marriage certificate) yang dikeluarkan oleh otoritas setempat.
  3. Fotokopi paspor masing-masing suami dan istri.
  4. Fotokopi ID Card dari masing-masing suami dan istri.
  5. Biaya (fee) EUR 15 (lima belas euro) dibayar dalam bentuk uang tunai atau menggunakan Bancontact.

E. Surat Keterangan Pindah

Pemberian Surat Keterangan Pindah untuk pembebasan bea masuk bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang membawa barang pindahan pada waktu WNI tersebut pindah/ kembali ke Indonesia.

Catatan:

  • Barang Pindahan adalah barang-barang keperluan rumah tangga yang karena kepindahan pemiliknya ke Indonesia yang semula berdomisili di Luar Negeri, kemudian dimasukkan ke dalam Daerah Pabean Indonesia, dan barang-barang tersebut terdiri dari barang-barang rumah tangga yang diperuntukkan akan tetap sebagai bagian dari keperluan rumah tanggal bersangkutan, yang dalam hal ini tidak termasuk persediaan barang dagangan, barang terlarang, dan kendaraan bermotor.
  • Contoh barang umum dimasukkan sebagai barang pindahan seperti perabot rumah tangga, alat-alat dapur, buku-buku, piano, organ, dan alat musik lainnya, alat olahraga, televisi, radio, video, LD/CD/DVDplayer, komputer (PC), alat penyejuk udara dan barang lainnya yang lazim dimiliki oleh sebuah rumah tangga.
  • Keterangan umum mengenai Pembebasan Bea Masuk dapat dilihat di website Direktorat Jenderal Bea dan Cukai http://www.beacukai.go.id/library/data/pindahan.pdf.
  • Peraturan mengenai bebas bea masuk mengenai barang pindahan bisa dilihat dihttp://www.beacukai.go.id/library/data/28PMK04_08.pdf.
  • Legalisasi daftar barang dan surat keterangan barang diproses sebelum yang bersangkutan kembali ke Indonesia.
  • Untuk melegalisasi daftar barang pindahan, yang bersangkutan harus secara pribadi datang ke loket Konsuler dan tidak bisa diwakilkan.
  • Barang pribadi yang dibawa dengan menggunakan koper (luggage) tidak diperlukan daftar barang dan surat keterangan barang. Barang pribadi yang dibawa dengan menggunakan koper (luggage) sebaiknya rasional dan tidak berlebihan (mengesankan bahwa barang-barang tersebut akan diperdagangkan di Indonesia).
  • Surat Keterangan Pindah tidak dapat diberikan kepada Warga Negara Asing (WNA) kecuali WNA tersebut karena pekerjaannya pindah ke Indonesia bersama keluarganya setelah mendapat izin menetap dari Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI sekurang-kurangnya 6 (enam) bulan dan dapat dibuktikan dengan Kartu Izin Menetap dan Izin Kerja Tenaga Asing sekurang-kurangnya 1 (satu) tahun.

Pemberian Surat Keterangan Pindah hanya bisa diberikan 1 (satu) kali saja, dan tidak dapat diberikan lebih dari 1 (satu) kali.

Persyaratan:

  1. Mengajukan permohonan tertulis diketik dengan rapi, tentang maksud dan tujuan legalisasi daftar barang. (Catatan: (i) Mohon disebutkan alamat anda yang ada di Indonesia; (ii) Alamat terakhir di Belgia atau Luksemburg; (iii) Tanggal kedatangan di Belgia atau Luksemburg; (iv) Tanggal kepulangan dari Belgia atau Luksemburg).
  2. Bagi WNI pemilik kartu Permanent Resident (ID) Belgia atau Luksemburg, harap membuat Surat Pernyataan secara terpisah yang menyatakan bahwa surat keterangan akan digunakan dalam rangka kepulangannya ke tanah air adalah permanen (for good).
  3. Mengajukan daftar barang-barang yang akan dikirimkan (Catatan: Daftar Barang dari perusahaan pengiriman barang).
  4. Fotokopi paspor pemohon.
  5. Fotokopi ID Card Belgia atau Luksemburg.
  6. Membayar biaya sebesar EUR 10 (sepuluh euro).