Berkunjung ke Belgia dan Luksemburg

​Ingin mengunjungi Belgia dan Luksemburg? Pastikan kelengkapan dokumen perjalanan dan ketentuan yang berlaku serta terpenuhinya prasyarat untuk melakukan kunjungan ke Belgia dan Luksemburg, yang dapat dilihat melalui website resmi Kementerian Luar Negeri Belgia maupuan Kementerian Luar Negeri Luksemburg.

Namun demikian, dapat disampaikan bahwa Kedutaan Belgia di Jakarta telah menetapkan peraturan baru dalam proses aplikasi Visa Schengen. Setiap pemohon atau pengaju aplikasi permohonan visa harus terlebih dulu menelepon Kedutaan Besar Belgia di Jakarta pada nomor telepon +62(0)21.316 2030 guna membuat janji untuk dapat menyerahkan berkas permohonan.

Sebagai informasi, pelamar visa umumnya akan mendapatkan alokasi waktu untuk menyerahkan berkas satu minggu setelah menelepon nomor tersebut, dan visa, apabila disetujui, akan diterbitkan dalam waktu kurang lebih dua minggu setelah berkas diserahkan.

Di samping itu, terhitung mulai tanggal 1 Agustus 2011, Kedutaan Besar Belgia di Jakarta tidak lagi menerbitkan Visa Schengen. Untuk itu semua WNI yang hendak mengunjungi Belgia dan Luksemburg harus mengajukan permohonan Visa Schengen melalui Kedutaan Besar Belanda di Jakarta

Dalam kaitan itu, batas akhir penyerahan permohonan aplikasi Visa Schengen melalui Kedutaan Besar Belgia di Jakarta adalah pada tanggal 14 Juli 2011. Setelah itu, permohonan aplikasi Visa Schengen harus diajukan ke Kedutaan Besar Belanda di Jakarta.

Sekali lagi ditekankan bahwa untuk berkunjung ke Belgia dan Luksemburg, serta wilayah Schengen pada umumnya, memerlukan Visa Schengen, yang harus dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan.