Peluang Ekspor Produk Fresh Fish, Seafood Dan Ikan Olahan Indonesia Ke Slowakia

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

??Meningkatnya permintaan pasar dalam negeri Slowakia yang ditunjang oleh peningkatan daya beli masyarakat telah berkontribusi besar bagi pertumbuhan impor produk kelautan. Lonjakan total nilai impor produk kelautan tersebut sudah dapat diprediksi mengingat Slowakia bukan termasuk negara di kawasan Eropa yang memiliki kemampuan untuk memenuhi kenutuhan produk kelautan secara mandiri. FAO bahkan memproyeksikan bahwa pada tahun 2030 konsumsi ikan per kapita di Slowakia akan mencapai 8 kg per tahun.

 
Dari tiga negara di kawasan Asia Tenggara, Thailand berada pada posisi paling atas dibandingkan Vietnam dan Filipina dalam hal ekspor produk kelautan ke Slowakia. Sebagaimana diketahui bahwa Thailand dan Filipina sekarang ini sudah mulai melakukan transformasi dari hanya mengandalkan produksi yang semi-processed menjadi produksi komoditi yang fully processed sehinga dapat langsung masuk ke pasaran di negara-negara maju. Hal tersebut menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi Indonesia untuk dapat bersaing dengan negara-negara dari kawasan Asia Tenggara lainnya dalam memperebutkan pangsa pasar produk kelautan di Eropa secara umum dan Slowakia secara khusus.
 
Dalam rangka memanfaatkan potensi pasar produk kelautan di Slowakia, para eksportir dari Indonesia kiranya dapat mempertimbangkan proyeksi FAO mengenai karakteristik konsumsi ikan di Eropa dalam 30 tahun ke depan, yaitu :
1.Perubahan kebiasaan konsumsi (paralel dengan perkembangan jaringan supermarket dan industri retail)
2.Meningkatnya perhatian terhadap ekologi
3.Perubahan kualitas industri pengolahan ikan
 
Informasi lebih lanjut dapat anda ikuti pada link di bawah ini :
 
KBRI Bratislava
2015