Politik & Pemerintahan Slowakia

  1. Pada 7 Desember 2015, Kementerian Dalam Negeri Slowakia telah mengumumkan 23 parpol yang akan ikut dalam pemilu, yaitu:

 

Nama ParpolKeterangan
Christian Democratic Movement

Gerakan Demokratik Kristen/ The Christian Democratic Movement (Slovak: Kresťanskodemokratické hnutie, KDH) atau disingkat dengan KDH adalah parpol Kristen Demokrat adalah anggota dari the European People's Party (EPP) dan peninjau pada the Centrist Democrat International.

 

KDH didirikan pada 1990 dan saat itu dipimpin oleh Ján Čarnogurský dan sejak tahun 2000, oleh Pavol Hrušovský. Saat ini, KDH dipimpin oleh Ján Figeľ. KDH memiliki wakil di parlemen Slowakia dan juga anggota koalisi pemerintah, tetapi meninggalkan koalisi pada 7 Februari 2006 karena permasalahan perselisihan perjanjian internasional antara Slowakia dan Tahta Suci terkait hal the conscientious objection on religious grounds.

 

Dalam pemilu parlemen pada 17 Juni 2006, KDH mendapatkan 8,3% suara dan 14 kursi. Empat anggota parlemen dari KDH (František Miklosko, Vladimír Palko, Rudolf Bauer dan Pavol Minarik) meninggalkan parpol KDH pada 21 Februari 2008 karena ketidakpuasan terhadap kepemimpinan dan kebijakan partai serta mendirikan the Conservative Democrats of Slovakia pada Juli 2006.

 

Pada pemilu parlemen 2012, KDH mendapat 8,82% suara dan menjadi parpol terbesar kedua di parlemen, dengan 16 kursi.  Dalam pemilu parlemen Eropa tahun 2014, KDH menduduki tempat kedua dengan dukungan 13,21% suara dan menempatkan 2 wakilnya di parlemen Eropa.

 

Slovak National Party

Partai Nasional Slovak atau the Slovak National Party (Slovak: Slovenská Národná strana, SNS) adalah parpol yang mengidentifikasikan sebagai sosialis, namun sebagai parpol nasionalis dengan dasar sistem nilai Kristen Eropa. Kadangkala digambarkan sebagai parpol ultra-nasionalis dan ekstrem sayap kanan karena pandangannya terhadap etnis minoritas Hongaria dan Romani yang bersifat rasis.

 

Perhatian utama parpol ini setelah bubarnya Cekoslowakia adalah, bahaya dugaan "iredentisme". Setiap langkah perubahan atas hak-hak yang lebih luas bagi etnik minoritas yang tinggal di Slovakia (terutama minoritas Hongaria yang cukup besar berdiam di selatan Slowakia), akan dipandang sebagai langkah menuju pemberian otonomi teritorial.

 

Sejak 1990, parpol SNS mendapatkan kursi di parlemen Slowakia (pemilu tahun 2002 dan tahun 2012) dan menjadi bagian pemerintah periode 2006 - 2010. Pada periode itu membentuk koalisi dengan Smer-SD yang berakibat dibekukannya keanggotaan Smer-SD dari Party of European Socialists (PES). Ini karena PES mengganggap parpol SNS sebagai parpol yang "menghasut atau berusaha untuk membangkitkan prasangka ras atau etnis dan kebencian rasial". Namun, tahun 2008, keanggotaan Smer-SD dipulihkan pada PES. Dalam pemilu parlemen tahun 2012, SNS gagal mendapatkan 5% electoral threshold/ tidak punya wakil di parlemen. Pada kongres SNS bulan Oktober 2012, terpilih Andrej Danko (seorang pengacara) sebagai ketua baru SNS.

 

Ordinary People and Independent Personalities - NOVA

Ordinary People (Slovak: Obyčajní Ľudia), lengkapnya Ordinary People and Independent Personalities (Slovak: Obyčajní Ľudia a nezávislé osobnosti, OĽaNO), adalah parpol konservatif di Slovakia. Pada pemilu parlemen tahun 2010, empat anggota OĽaNO bergabung dalam daftar caleg parpol SAS dan ke empat caleg tersebut terpilih. Partai OĽaNO dipimpin oleh Igor Matovic, salah satu dari 4 anggota parlemen tersebut.

 

4 anggota OĽaNO (Igor Matovic, Jurinová Erika, Martin Fecko dan Joseph Viskupič) duduk di parlemen dan menandatangani perjanjian dengan parpol SAS yang isinya menyatakan tidak bisa menyeberang ke parpol lain di parlemen.  Pada Juni dan Juli 2010, dikabarkan bahwa OĽaNO menolak kembali ke koalisi parpol kanan-tengah baru, yang termasuk parpol Freedom and Solidarity yang secara mayoritas bergantung pada OĽaNO.

 

Pada Agustus 2010, Matovic mengatakan bahwa saat itu bukan waktu yang tepat bagi OĽaNO untuk menjadi parpol yang independen. Namun, pada 28 Oktober 2011, parpol OĽaNO mendaftarkan secara resmi. Sementara Matovic mengumumkan bahwa partai akan bersaing pada pemilu parlemen tahun 2012 dengan daftar caleg yang terpisah dari independents and representatives of the Civic Conservative Party and the Conservative Democrats. Saat pemilu 2012, parpol OĽaNO menduduki tempat ketiga dengan 8,55% suara dan 16 kursi di parlemen. Pada pemilu Eropa tahun 2014, parpol OĽaNO berada di tempat ke empat dengan dukungan 7,46% suara dan mendapat 1 wakil di parlemen Eropa.

 

Freedom and Solidarity

Freedom and Solidarity (Slovak: Sloboda a Solidarita, SaS) adalah parpol beraliran liberal tepatnya "kanan-tengah" yang berdiri tahun 2009 dan diketuai oleh pendirinya, Richard Sulík (ekonom) yang merancang sistem pajak (flat tax) Slowakia.  Pada pemilu 2008, memiliki 22 kursi di parlemen dan memegang empat portofolio di pemerintahan, tetapi kehilangan separuh kursi dalam pemilu Maret 2012.

 

Selain memperjuangkan liberalisasi ekonomi, partai SaS juga penyokong kebebasan hak sipil termasuk mendukung liberalisasi hukum obat-obatan/ farmasi dan pernikahan sesama jenis. Selain juga berpandangan moderat dalam hal Eurosceptic.  Parpol SaS pernah meluncurkan kampanye yang disebut "Referendum 2009" bertujuan mengadakan referendum pada reformasi dan pemotongan biaya politik. Parpol SaS juga pernah menggunakan internet secara massif pada pemilu parlemen 2010 melalui Facebook dan Twitter serta memiliki 68.000 fans (follower).

 

Parpol SaS nyaris gagal melewati ambang batas (electoral threshold) 5% pada pemilu Eropa tahun 2009, namun pada pemilu parlemen tahun 2010 menduduki peringkat ketiga dengan 22 kursi. Kemudian, menjadi bagian dari koalisi kanan – tengah (terdiri dari 4 parpol) dan menduduki 4 portofolio di cabinet serta ketua parpol SaS, Richard Sulík, terpilih sebagai Ketua Parlemen.  Pada pemilu 2012, parpol SaS mengalami kemunduran besar dan kehilangan setengah kursinya di parlemen. Dalam pemilu parlemen Eropa tahun 2014, hanya mendapatkan 1 kursi.

 

Parpol SaS adalah anggota dari the Alliance of European Conservatives and Reformists (AECR).  Ketua dan anggota parpol SaS berpaling dari the ALDE group di parlemen Eropa dan bergabung dengan the European Conservatives and Reformists (ECR) pada 2 Oktober 2014.

 

Green Party

The Green Party (Slovak: Strana zelených, SZ), sampai Januari 2006, disebut dengan Green Party in Slovakia (Slovak: Strana zelených na Slovensku), adalah parpol dengan isu lingkungan hidup yang tidak memiliki wakil di parlemen.

 

People's Party – Our Slovakia

People's Party Our Slovakia (Ľudová strana Naše Slovensko) didirikan sebagai parpol tahun 2011 dan didasarkan pada tiga prinsip utama: nasional, Kristiani dan sosial. Pemimpinnya adalah Ing. Mgr. Marian Kotleba, yang saat ini menjabat sebagai kepala daerah Banská Bystrica. People's Party Our Slovakia menyatakan sebagai parpol alternatif satu-satunya yang berada di garda terdepan untuk memperbaiki sistem demokrasi parlementer multi parpol yang dianggapnya "telah rusak dan bersifat kriminal", yang sedikit banyak telah mengkhianati dan menjual harga diri bangsa dan negara.

 

Direction – Social Democracy

Social Democracy (Slovak: Smer–sociálna demokracia, Smer-SD), pecahan dari Party of the Democratic Left (PDL) penerus dari Partai Komunis Cekoslovakia cabang Slovak komunis Cekoslowakia. PDL melakukan langkah kontroversial menentang kebijakan liberalisasi dari PM Meciar saat berkoalisi dengan parpol-parpol beraliran kanan-tengah dan berakibat koalisi ini kehilangan dukungan mayoritas parlemen.  Kemudian, parpol Smer-SD berkembang pesat menjadi kekuatan kiri –tengah yang dominan di Slowakia dan PDL akhirnya bergabung.

 

Popularitas Smer-SD terpatri kuat dengan pemimpin dan pendirinya yaitu: Robert Fico dan parpol Smer-SD adalah parpol kiri populis yang dalam orientasi kebijakan sosial-ekonominya bersifat tengah – kiri, tetapi jauh lebih nasionalis dan konservatif dalam kebijakan lainnya.

 

Pandangan demokratis dari Robert Fico mulai dipertanyakan mengingat yang bersangkutan condong bersifat otoriter dan menjadi semakin nasionalis. Bulan Februari 2015, PM Fico menyatakan bahwa Slowakia "dibentuk untuk masyarakat Slowakia, bukan untuk kaum minoritas", meskipun kemudian ia mengklaim bahwa pernyataannya disalahartikan.  PM Fico uga telah membangkitkan kemarahan etnis Roma (gipsy) yang berjumlah 2% s/d 9% dari masyarakat Slowak, dengan rencananya mendirikan sekolah asrama bagi anak-anak etnis. PM Fico membantahnya dengan menyebut rencana ini sebagai "human rights angels".

 

PM Fico dan partainya memiliki pandangan konservatif sosial tentang homoseksualitas. Pada masa jabatan pertamanya (2006 – 2010), PM Fico membentuk koalisi dengan parpol sayap kanan (SNS). Latar belakangnya adalah, karena parpol Smer-SD tidak memiliki mitra koalisi alternative dan berdampak pada dibekukannya Smer-SD dari keanggotaan the Party of European Socialists (diaktifkan kembali pada tahun 2008).

 

Smer-SD mempertahankan kebijakan yang bersifat tengah – kiri dalam hal perekonomian. Namun, PM Fico juga mengeluarkan kebijakan liberalisasi ekonomi dan merupakan perdana menteri dengan anggaran belanja negara yang besar.  Reaksi awal pemerintahannya saat krisis keuangan global tahun 2008-9, tidak melakukan penghematan tetapi meningkatkan anggaran belanja negara. Saat ini, PM Fico melakukan langkah penghematan, tetapi lebih karena terbatasnya anggaran belanja negara yang tersedia. PM Fico adalah salah satu oposan atas kebijakan Uni Eropa yang melakukan penghematan.

 

Smer-SD pada dasarnya adalah pro-Eropa, tetapi PM Fico adalah ahli strategi yang tidak akan menggunakan retorika Eurosceptic manakala situasi "menguntungkan" baginya. Smer-SD adalah anggota blok Sosialis dan Demokrat di parlemen Eropa. Seperti halnya parpol-parpol lain di Eropa Timur, Smer-SD sangat loyal kepada kelompok/ blok Sosialis dan Demokrat di parlemen Eropa meskipun terdapat ketidaksinkronan ideologis yang jelas antara parpol-parpol dari Eropa Timur dengan parpol-parpol dari Eropa Barat. Dalam Sosialis dan Demokrat di parlemen Eropa, Smer-SD mendapatkan dukungan 98,6% atau terbesar ke tujuh.

 

Communist Party of Slovakia

The Communist Party of Slovakia (Slovak: Komunistická strana Slovenska, KSS) adalah parpol komunis di Slowakia yang dibentuk tahun 1992 sebagai hasil merger antara Communist Party of Slovakia – 91 dengan Communist League of Slovakia. Parpol ini merupakan peninjau dalam the Party of the European Left walaupun mengkritik tesis politik kelompok ini saat kongres pertama parpol-parpol aliran kiri Eropa.

 

Most–Híd

Most–Híd (from the Slovak and Hungarian words for "bridge") adalah parpol multi etnis di Slowakia. Program-programnya diwarnai seruan kerjasama yang lebih erat antara etnis minoritas Hongaria dengan etnis mayoritas Slowakia. Saat ini memiliki 13 kursi di parlemen dan merupakan bagian dari oposisi kanan-tengah yang melawan parpol mayoritas Smer-SD pimpinan PM Robert Fico.

 

Partai Most–Híd dibentuk pada Juni 2009 oleh para sempalan dari Party of the Hungarian Coalition (SMK-MKP) yang dianggapnya terlalu nasionalistik. Partai Most–Híd berusaha menawarkan alternatif politik etnis dengan mempromosikan kerja sama antar etnis. Dipimpin oleh mantan ketua parpol SMK – MKP, Béla Bugar, partai Most–Híd partai mengklaim mewakili 2/3 etnis Hungaria dan 1/3 etnis Slowakia.

 

People's Party – Movement for a Democratic Slovakia

The People's Party – Movement for a Democratic Slovakia (Slovak: Ľudová strana – Hnutie za demokratické Slovensko, ĽS-HZDS or HZDS) adalah parpol konservatif nasional.  Parpol ini sempat bubar setelah gagal mendapatkan kursi di parlemen dalam pemilu 2012 dan sebelumnya kalah dalam pemilu 2010. The People's Party – Movement for a Democratic Slovakia berkuasa dalam pemerintahan 1992-1998 (jeda tahun 1994) dan merupakan partai terbesar dari tahun 1991 sampai 2006.

 

Didirikan tahun 1991 dan pemimpinnya adalah Vladimir Meciar, yang kemudian menjadi PM Slowakia setelah perpecahan Chekoslovakia. Partai ini menjadi anggota koalisi pemerintah sebanyak tiga kali (dua kali sebagai mitra utama dengan Meciar sebagai PM periode 1992-4 dan periode 1994-8 dan periode 2006-2010 sebagai mitra junior dibawah PM Robert Fico dari Smer-SD).

 

Awal berdiri parpol ini menentang privatisasi, namun ideologi partainya telah bergeser berulang kali dan satu-satunya yang tetap hanyalah kepemimpinan Meciar dan ide populisme yang berakibat terasingnya parpol ini dari pihak lain baik di Slowakia maupun di luar Slowakia. Guna Untuk menangkal reputasinya sebagai parpol "pinggiran", the People's Party – Movement for a Democratic Slovakia mendukung integrasi Eropa dan juga sebagai anggota dari the integrationist European Democratic Party walaupun tidak memiliki kesamaan ideology liberal dari blok di maksud.

 

Slovak Democratic and Christian Union – Democratic Party

The Slovak Democratic and Christian Union – Democratic Party (Slovak: Slovenská demokratická a kresťanská únia – Demokratická strana, SDKÚ-DS) adalah parpol liberal konservatif dan Kristen democrat serta merupakan anggota dari the European People's Party (EPP) dan Centrist Democrat International. Ketuanya adalah Pavol Frešo.

 

Parpol SDKÚ - DS beraliran tengah-kanan dan hadir sebagai alternatif terhadap parpol berideologi sosial demokrat (parpol Smer-SD). Setelah pemilu 1998, SDKÚ - DS mencapai kesepakatan dengan parpol kanan-tengah lainnya dan membentuk pemerintahan Slowakia. Dewasa ini, parpol SDKÚ-DS mengkritik kebijakan partai berkuasa (Smer-SD) pimpinan PM Robert Fico dan menyebut kebijakan pemerintah sebagai suatu hal yang tidak bertanggung jawab, tidak berkelanjutan dan bersifat populis.

 

Parpol SDKÚ - DS adalah partai terbesar kelima di parlemen dan kebijakannya adalah, melanjutkan reformasi yang telah dilaksanakan sebelum tahun 2006 (termasuk reformasi pajak, pemotongan fasilitas kesejahteraan sosial, reformasi tunjangan pensiunan dan reformasi pelayanan kesehatan).

 

Party of the Hungarian Coalition

The Party of the Hungarian Community (Hungarian: Magyar Közösség Pártja, Slovak: Strana maďarskej komunity; SMK-MKP), sebelumnya dikenal dengan Party of the Hungarian Coalition (Hungarian: Magyar Koalíció Pártja, Slovak: Strana maďarskej koalície) adalah parpol bagi etnik minoritas Hongarian yang diketuai oleh Pál Csáky (sebelumnya oleh Béla Bugár). Pada pemilu 12 Juni 2010, gagal menempatkan wakilnya di parlemen karena kurang dari electoral threshold 5%.

 

Etnik minoritas Hongaria condong ke parpol Most-Hid pimpinan Béla Bugár. Sebagai dampaknya, ketua Csáky dan pengurus partai, mengundurkan diri. SMK-MKP adalah anggota dari the European People's Party (EPP) sejak 7 Juni 2000.

 

#NETWORK*NETWORK (Slovak: SIEŤ, SIEŤ) adalah parpol beraliran tengah yang dipimpin oleh Radoslav Procházka (mantan anggota parpol Christian Democratic Movement). Parpol ini didirikan pada Juni 2014 setelah pemilu kandidat Presiden Slowakia, oleh Radoslav Procházka. Awalnya SIET beraliran kiri tengah, namun berangsur-angsur menjadi aliran tengah.
Coalition – Together for Slovakia* 
Courage – Great National and Pro-Russian Coalition* 
Direct Democracy Party* 
The Prosperity of Slovakia* 
The Slovak Civic Coalition* 
We are a Family* 
The Part of Modern Slovakia* 
CHANCE* 
Resistance – Labor Party* 
TIP* 

Catatan: Parpol dengan tanda *, adalah parpol yang pertama kali ikut dalam pemilu parlemen Slowakia.

Bilamana melihat kepada beberapa kali jajak pendapat yang dilakukan oleh sejumlah lembaga jajak pendapat (tabel dibawah), maka kecenderiungan yang akan memenangkan pemilu 5 Maret 2016 adalah parpol Smer-SD yang saat ini berkuasa. Namun dengan prosentase kemenangan yang berkisar 34,5% s/d 40,7%, besar kemungkinan parpol Smer-SD membutuhkan dukungan parpol lainnya untuk memegang tampuk pemerintahan.

Polling firmSample sizeSmer-SDSIEŤKDHMost–HídOĽaNOSNSSMK-MKPSaSNOVASDKÚ-DSOthersLead

Focus

(31 Jan – 7 Feb)

1,00034.1%13.7%7.5%8.0%6.4%8.1%3.6%5.1%w.OĽaNO1.7%11.8%20.4%

Focus

(22 – 31 Jan)

1,00936.3%13.0%7.1%7.7%6.4%7.3%3.8%5.5%w.OĽaNO1.7%11.2%23.3%

MVK

(22 – 28 Jan)

1,14832.1%14.6%8.2%6.0%5.9%10.1%5.1%3.4%w.OĽaNO1.6%13.0%17.5%

AKO

(11 – 14 Jan)

1,00040.7%8.1%5.6%7.9%5.7%7.4%N/A6.2%w.OĽaNON/A18.4%33.9%

MVK

(28 Des – 8 Jan) 

1,08934.5%14.7%8.6%6.5%5.0%10.1%5.1%3.4%w.OĽaNO2.0%10.1%19.8%

 

1.    Pemilu parlemen Slowakia pada 5 Maret 2016 telah dilangsungkan dan hasilnya di luar perkiraan awal para politisi dan pengamat awal serta kecil kemungkinan dapat membentuk pemerintahan yang stabil. Hal ini karena hasil pilihan para pemilih menghasilkan bahwa perolehan parpol Smer SD (Social Democracy atau dalam bahasa Slovak disebut sebagai Smer–sociálna demokracia yang saat ini berkuasa) dan parpol Sieť (disebut juga dengan NETWORK) jauh di bawah harapan, parpol KDH (The Christian Democratic Movement atau dalam bahasa Slovak disebut Kresťanskodemokratické hnutie) tidak bisa menempatkan wakilnya di parlemen dan parpol ekstrem kanan LSNS (People's Party Our Slovakia atau dalam bahasa Slovak dikenal dengan Ľudová strana Naše Slovensko) untuk pertama kalinya mempunyai wakil di parlemen.

 

2.    Dengan Smer SD yang hanya mendapatkan dukungan dibawah 30%, kemudian parpol ekstrem kanan LSNS pimpinan Marian Kotleba dengan 8% dan parpol Sme rodina (bahasa Inggerisnya disebut, We are a Family) pimpinan pengusaha Boris Kollár mendapat 6,6%. Kedua parpol ini mendapatkan 25 kursi dari 150-kursi parlemen. Sementara parpol Sieť pimpinan Radoslav Procházka yang awalnya dianggap sebagai favorit pimpinan parpol-parpol kanan-tengah, nyaris tidak berhasil mendudukkan wakilnya di parlemen.

 

3.    Hasil lengkap pemilu 5 Maret 2016 adalah:

 

Hasil lengkap pemilu 5 Maret 2016.jpg 

(Sumber: Statistics Office, Sme.sk)

 

 

Kabinet Slowakia

 

 Updated 18 April 2018

Peter Pellegrini 
Perdana Menteri   merangkap Menteri Dalam Negeri Republik Slowakia
Úrad vlády SR
Peter Kažimír 
Wakil Perdana Menteri - Menteri Keuangan Republik Slowakia
Ministerstvo financií SR
Gabriela Matečná 
Wakil Perdana Menteri - Menteri Pertanian dan Pembangunan Pedesaan Republik Slowakia
Ministerstvo pôdohospodárstva a rozvoja vidieka SR
László Sólymos 
Wakil Perdana Menteri - Menteri Lingkungan Hidup Republik Slowakia
Ministerstvo životného prostredia SR
Richard Raši 
Wakil Perdana Menteri - Menteri Investasi dan Informasi Republik Slowakia
Úrad podpredsedu vlády SR pre investície a informatizáciu
Miroslav Lajčák 
Menteri Luar Negeri dan Urusan Eropa Republik Slowakia
Ministerstvo zahraničných vecí a európskych záležitostí SR
Peter Gajdoš 
Mentri Pertahanan Republik Slowakia
Ministerstvo obrany SR
 
Peter Žiga 
Menteri Perekonomian Republik Slowakia
Ministerstvo hospodárstva SR
 
Árpád Érsek 
Menteri Transportasi dan Pembangunan Republik Slowakia
Ministerstvo dopravy a výstavby SR
Gábor Gál 
Menteri Kehakiman Republik Slowakia
Ministerstvo spravodlivosti SR
Ján Richter 
Menteri Perburuhan, Urusan Sosial dan Keluarga Republik Slowakia
Ministerstvo práce, sociálnych vecí a rodiny SR
Martina Lubyová 
Menteri Pendidikan, Sains, Penelitian, dan Olahraga Republik Slowakia
Ministerstvo školstva, vedy, výskumu a športu SR
Ľubica Laššáková 
Menteri Kebudayaan Republik Slowakia
Ministerstvo kultúry SR
Andrea Kalavská 
Menteri Kesehatan Republik Slowakia
Ministerstvo zdravotníctva SR