NOBAR FILM KARYA JOKO ANWAR DI KOLOMBIA

“Istilah Nobar kami perkenalkan kepada publik Kolombia dalam rangka mempromosikan potensi seni budaya Indonesia di negara akreditasi," demikian disampaikan oleh Duta Besar RI untuk Kolombia, Priyo Iswanto, sesaat setelah kegiatan 'Nobar: Nonton Bareng Film Pengabdi Setan' karya Joko Anwar di bioskop Cinemark, Parque la Colina, Bogota, 6 Agustus 2018.

Pada kegiatan Nonton Bareng tersebut, KBRI Bogota bekerja sama dengan Cinemark Colombia mengundang 110 tamu undangan yang terdiri dari kalangan pejabat, pers, dan pengusaha setempat, serta masyarakat Indonesia yang berdomisili di Bogota. “Tujuan kegiatan Nobar selain memperkenalkan istilah tersebut, adalah juga dalam rangka mempromosikan film Indonesia karya Joko Anwar yang perdana masuk Kolombia sejak 2 Agustus lalu," tambah Duta Besar Priyo.

Film tersebut mendapat respons positif di kalangan pecinta film di Kolombia. “Kegiatan Nobar baru dapat terlaksana tanggal 6 Agustus, empat hari sejak perdana, dikarenakan film tersebut laris terjual di bioskop Cinemark," tutup Duta Besar Priyo. Beberapa tamu undangan menyampaikan reaksi dan kesan yang berbeda-beda. “Mulai hari ini suara lonceng akan membuat saya merinding ketika mendengarnya," demikian respons salah satu tamu. “Film tersebut tidak hanya menampilkan sisi horornya, namun juga memperlihatkan gaya hidup dan tradisi religi di Indonesia," demikian tambah tamu lainnya. “Saya menunggu lanjutan film tersebut dan pasti akan menontonnya," tutup salah satu tamu undangan.

Setelah sukses meraih pasar di Meksiko pada awal tahun 2018, film Pengabdi Setan atau Los Huerfanos (terjemahan dalam bahasa Spanyol) kini masuk Kolombia yang juga memiliki ketertarikan besar pada film horor. Selain kegiatan Nonton Bareng, KBRI Bogota juga mendorong masyarakat setempat untuk menonton film tersebut melalui jejaring media sosial. Film tersebut ditayangkan oleh seluruh perusahaan bioskop komersial di Kolombia seperti: Cinemark, Cine Colombia, Cinepolis, dan Procinal sejak perdana 2 Agustus 2018. (Sumber: @KBRIBogota)