INDOMIE DAN BISKUIT MONDE MENEMBUS PASAR AMERIKA LATIN

“Partisipasi PT. Indofood dan PT. Monde Mahkota Biskuit selama 4 hari pada pameran Alimentec di Kolombia mendapat respons sangat positif, meskipun ini pertama kalinya bagi kedua perusahaan tersebut hadir untuk memperkenalkan produk mereka di Kolombia," demikian disampaikan oleh Duta Besar RI Bogota, Priyo Iswanto, pada pembukaan pameran Alimentec di Corferias, Bogota, Kolombia, 5 Juni 2018.

PT. Indofood CBP Sukses Makmur hadir pertama kali baik di Kolombia maupun di kawasan dengan memperkenalkan produk unggulan mereka yaitu Indomie Goreng. “Untuk Indomie Goreng memperoleh respons yang antusias karena cita rasa dan proses pembuatan mie instan goreng yang kering itu belum pernah ada di Kolombia," demikian disampaikan oleh Nugroho Iskandar, Regional Manager PT. Indofood CBP Sukses Makmur.

Sedangkan PT. Monde Mahkota Biskuit menghadirkan produk unggulan mereka yaitu Wafer Farreti serta Biskuit Krinkle. “Kedua produk ini mendapat perhatian khusus dari sejumlah importir karena biskuit memiliki rasa yang eksotis seperti kopi, kayu manis, dan jahe," demikian disampaikan Lia Octavia, Manajer ekspor PT. Monde Mahkota Biskuit.

Selain mengikuti pameran, Kedutaan Besar RI di Bogota juga memperkenalkan kedua perusahaan tersebut ke potential buyer dan distributor setempat untuk mencari peluang bisnis di Kolombia. “Sejumlah importir dan kalangan muda Kolombia sangat tertarik dengan produk Indomie karena pernah mencoba produk Indomie sebelumnya," demikian ucap Nugroho setelah melakukan pertemuan dengan importir tersebut di sela-sela pameran. “Salah satu importir juga berminat mengembangkan Indomie di Kolombia dan di kawasan Amerika Latin antara lain Ekuador dan Puerto Rico," tambah Regional Manager PT. Indofood.

Di lain pihak, PT. Monde Mahkota Biskuit juga mendapatkan kesempatan untuk melakukan pertemuan dengan beberapa importir baik dari Kolombia, maupun importir internasional dari Kanada. “Selama pameran importir-importir menunjukkan keseriusan mereka seperti memulai menetapkan dan menegosiasikan harga pembelian produk biskuit dan wafer dari Indonesia ke Kolombia," demikian disampaikan Lia Octavia.

Pameran Alimentec merupakan pameran internasional dua tahunan untuk industri makanan yang diselenggarakan oleh Koelnmesse dan Corferias. “Alimentec menghadirkan semua pemain besar industri makanan, baik dari segi hulu maupun hilir, dari Kolombia dan dari kawasan Amerika Latin," demikian disampaikan oleh Duta Besar Priyo. Pameran yang diselenggarakan pada 5-8 Juni 2018 merupakan edisi ke-10 dan diikuti oleh 500 perusahaan baik exhibitor lokal maupun mancanegara mulai dari kawasan Amerika, Eropa, maupun Asia.

Partisipasi pada pameran Alimentec tahun 2018 ini merupakan hasil kolaborasi dan dukungan Kedutaan Besar RI di Bogota dalam upaya menembus produk unggulan Indonesia di pasar Kolombia. “Harapan kami dengan partisipasi pameran serta kontak bisnis yang dilakukan, terdapat deal yang signifikan dikarenakan potensi yang dimiliki Kolombia maupun kawasan sangat besar," demikian disampaikan Duta Besar Priyo Iswanto. “Partisipasi pada pameran dan kontak bisnis merupakan bagian tak terpisahkan dari upaya diplomasi ekonomi ke negara akreditasi maupun kawasan," tutup Duta Besar Priyo.

Peluang pasar akan produk Indonesia termasuk besar dikarenakan Kolombia merupakan negara dengan ekonomi keempat terbesar di kawasan Amerika Latin (setelah Brasil, Meksiko, dan Argentina), dengan jumlah penduduk di atas 50 juta orang dan GDP per kapita sebesar USD 14.181 menurut data Bank Dunia (PPP current US$, 2017). (Sumber: @KBRIBogota)