Vitrina Turistica ke-37

Pada tanggal 21-23 Februari 2018 lalu Kedutaan Besar Republik Indonesia di Bogota bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri RI berpartisipasi dalam Vitrina Turistica. Vitrina Turistica-37 merupakan acara pameran pariwisata yang diselenggarakan oleh Anato dan didukung oleh Procolombia serta Kementerian Perdagangan, Industri dan Pariwisata Kolombia. Vitrina Turistica ke-37 ini diikuti oleh 36 negara, 287 pebisnis pariwisata internasional, dan 318 tour operator.

Vitrina Turistica merupakan pameran pariwisata terbesar di Amerika Latin dan membuka kesempatan untuk melakukan penjualan produk ataupun jasa pariwisata ke seluruh dunia. Beberapa negara yang turut ikut berpartisipasi dalam pameran ini antara lain Argentina, Brazil, Guatemala, Meksiko, Turki, India, Venezuela, Indonesia dan sejumlah negara Karibia seperti Curacao, Barbados, dan St. Maarten. Booth Indonesia banyak menarik perhatian para pengunjung dengan video promosi pariwisata Indonesia yang banyak menampilkan wisata budaya, baharí, dan petualangan. Sejumlah pengunjung, baik dari kalangan profesional maupun umum, menyampaikan ketertarikan dan minat yang besar terhadap Indonesia dan sangat tertarik untuk mengetahui mengenai jenis wisata yang ditawarkan.

Hari pertama pameran terbuka khusus untuk pengunjung profesional yang juga merupakan agen perjalanan lokal serta dari sejumlah negara Amerika Latin lainnya. Banyak dari agen pariwisata yang menunjukkan antusiasme yang besar terhadap paket perjalanan ke Indonesia dan menyampaikan permintaan ataupun informasi lebih lengkap. Dengan keikutsertaan KBRI Bogota dalam pameran ini diharapkan dapat meningkatkan minat dan kesadaran wisatawan Kolombia terhadap potensi destinasi wisata Indonesia, serta memberikan informasi terpercaya kepada agen perjalanan lokal terhadap agen perjalanan Indonesia untuk diajak bekerja sama.

Jika tahun lalu para pengunjung sebagian besar bertanya tentang keunikan Indonesia, tahun ini beberapa pengunjung yang menyempatkan untuk mampir ke stand Indonesia banyak menyampaikan mengenai pengalaman kunjungannya ke Indonesia dan menanyakan perihal destinasi wisata Indonesia selain Bali. Seorang influencer yang juga travel blogger (@byfieldtravel) Kolombia turut mengunjungi stand Indonesia dan menyampaikan pengalamannya yang telah berkunjung ke Indonesia sebanyak empat kali, dan menunjukkan tulisannya mengenai Indonesia yang dimuat oleh salah satu majalah ternama Kolombia, Semana. (Sumber: @KBRIBogota)