Visa Kunjungan

Visa Kunjungan diberikan kepada orang asing yang berencana untuk mengunjungi Indonesia untuk tujuan wisata, kunjungan keluarga, kegiatan sosial dan budaya, kunjungan resmi pemerintah, olahraga non-komersial, bisnis dan kegiatan komersial, konferensi, seminar, berpartisipasi dalam pameran internasional, kursus singkat dan studi banding, kegiatan jurnalistik, kegiatan pembuatan film, kegiatan nirlaba atau transit.

Ada dua jenis Visa Kunjungan, yaitu Visa Kunjungan Sekali Perjalanan (indeks 211) dan Visa Kunjungan Beberapa Perjalanan (indeks 212). Visa 211 berlaku untuk 60 hari dan memiliki kemungkinan untuk diperpanjang maksimal 4 kali dengan tambahan 30 hari setiap perpanjangan. Visa 212 ini berlaku selama 1 tahun dimulai dari tanggal penerbitan visa dengan durasi masa tinggal 60 hari per kunjungan. Jenis visa ini tidak dapat diperpanjang dan tidak dapat diubah statusnya menjadi izin tinggal lainnya. Jenis visa  hanya berlaku untuk kunjungan sosial dan keluarga, tugas pemerintah, dan kunjungan bisnis.

Untuk informasi selengkapnya, silahkan menghubungi Bagian Visa dan Konsuler KBRI Bern melalui email: konsuler.bern@kemlu.go.id


Persyaratan:
  1. ​Mengisi formulir aplikasi visa (fo​rmulir dapat diunduh pada link berikut ini: Visa Application Form.pdf)
  2. Paspor asli berlaku minimal 6 bulan (untuk visa 211) dan 1 tahun (untuk visa 212) pada saat kedatangan di Indonesia
  3. Bagi selain warga negara Swiss maupun Liechtenstein, harap melampirkan salinan kartu izin tinggal yang masih berlaku
  4. Satu pas foto berwarna
  5. Salinan tiket pulang pergi maupun rencana perjalanan ke Indonesia
  6. Bukti pembayaran (untuk info tentang tarif bisa dilihat di sini​)
  7. Surat undangan (jika diperlukan):
    • Untuk kunjungan bisnis maupun seminar mohon lampirkan surat keterangan dari perusahaan yang berbasis di Swiss maupun Liechtenstein
    • Untuk kunjungan sosial maupun keluarga, mohon lampirkan surat undangan dari keluarga maupun teman yang berdomisili di Indonesia
    • Untuk kegiatan nirlaba, mohon lampirkan surat referensi atau undangan dari institusi atau organisasi yang ada di Indonesia
    • Untuk kegiatan magang sebagai bagian dari kurikulum pendidikan, mohon lampirkan surat referensi dari sekolah atau universitas di Swiss maupun Liechtenstein dan surat undangan dari institusi, perusahaan, atau organisasi yang ada di Indonesia


Metode Penyerahan Aplikasi Visa
Anda dapat menyerahkan berkas aplikasi visa langsung di Loket Konsuler KBRI Bern. Untuk kenyamanan Anda, mohon perhatikan jam buka Loket Konsuler, yaitu Senin-Jumat, pukul 09.00-12.00. Anda juga dapat mengirimkan berkas Anda melalui pos setelah melengkapi dokumen-dokumen yang disyaratkan ke alamat sebagai berikut:

Embassy of Indonesia
P.O. Box 112
​3000 Bern 15

Pengiriman Kembali Dokumen melalui Pos
Apabila Anda menghendaki agar dokumen Anda dikirimkan kembali ke alamat Anda melalui pos, mohon agar Anda dapat menyertakan amplop balasan yang telah dibubuhi perangko senilai CHF 6,3 dan dilengkapi alamat jelas pada saat menyerahkan/ mengirim berkas/ dokumen. KBRI Bern tidak menerima pembayaran perangko. Pemohon harus melampirkan atau mengirim perangko yang dibutuhkan. 

Pembayaran Visa

Pembayaran visa harus dilakukan melalui transfer atau deposit bank ke rekening KBRI sebagai berikut:
Name of Bank:
Payment made to:
IBAN:
Account no:
SWIFT/ BIC: 
UBS
Embassy of the Republic of Indonesia
CH55 0023 5235 9203 3702 Q
235-92033702 Q
​​UBSWCHZH80A

KBRI Bern tidak lagi menerima pembayaran tunai untuk seluruh pelayanan yang diberikan, kecuali penerbitan SPLP. Seluruh pembayaran pelayanan penerbitan visa, legalisasi maupun pelayanan kekonsuleran lainnya harus dilakukan melalui transfer maupun deposit bank ke rekening resmi KBRI Bern. Jika pembayaran tidak dilakukan melalui transfer maupun deposit bank, kecuali untuk penerbitan SPLP, maka berkas permohonan akan dikembalikan kepada pemohon dan permohonan aplikasi tidak akan diproses.


Informasi Penting

  1. KBRI Bern hanya menerbitkan visa untuk warga negara Swiss dan Liechtenstein, maupun warga negara asing lainnya yang memiliki izin tinggal Swiss maupun Liechtenstein yang berlaku.
  2. Proses penerbitan visa di KBRI Bern membutuhkan kurang lebih 5 (lima) hari kerja. Pada saat volume aplikasi visa tinggi di musim liburan, proses penerbitan visa dapat memakan waktu lebih lama. Periode tersebut tidak termasuk periode pengiriman dokumen melalui pos.
  3. Visa Indonesia harus dipergunakan dalam waktu 90 hari sejak tanggal diterbitkan visa tersebut, karena jika tidak terpakai dalam periode tersebut maka visa tersebut akan menjadi tidak berlaku. Sedangkan masa izin tinggal (sampai dengan 60 hari) diberikan terhitung mulai tanggal kedatangan di Indonesia, berdasarkan cap tanda masuk yang diberikan di Tempat Pemeriksaan Imigrasi.
  4. Permohonan visa yang diterima oleh KBRI Bern, dengan rencana tanggal keberangkatan ke Indonesia lebih dari 90 hari, maka permohonan visa tersebut tidak akan langsung diproses.​​
  5. Permohonan visa dapat disampaikan secara langsung ke loket layanan visa dan konsuler KBRI Bern, maupun dikirimkan melalui pos. Jika Anda mengirimkan permohonan visa melalui pos, harap perhitungkan waktu pengiriman dan waktu yang dibutuhkan untuk pembuatan visa dengan rencana keberangkatan Anda.
  6. Permohonan visa dari warga negara yang negaranya masuk ke dalam daftar "negara calling visa", akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memprosesnya.