Informasi Visa

​Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bern memberikan pelayanan penerbitan visa bagi warga negara Swiss, Liechtenstein, maupun warga negara asing lainnya yang memiliki status izin tinggal yang berlaku di Swiss maupun Liechtenstein.

Pemerintah Republik Indonesia melalui Peraturan Presiden Nomor 69 Tahun 2015 telah menerapkan kebijakan pembebasan visa bagi warga negara dari 30 (tiga puluh) negara untuk melakukan kunjungan wisata ke Indonesia dalam jangka waktu paling lama 30 (tiga puluh) hari. Izin tinggal yang diberikan tersebut tidak dapat diperpanjang maupun dialihstatuskan menjadi izin tinggal jenis lain.


Untuk informasi terkait jenis visa yang diterbitkan oleh KBRI Bern, dapat dilihat di bawah ini.

1. Visa Kunjungan Singkat Satu Kali Perjalanan (indeks 211)
Visa Kunjungan Satu Kali Perjalanan diberikan kepada orang asing yang akan melakukan perjalanan ke wilayah Indonesia dalam rangka tugas resmi pemerintah, wisata, kegiatan sosial budaya, kunjungan keluarga, olah raga non komersial, kunjungan dalam rangka bisnis, kegiatan jurnalistik.

2. Visa Kunjungan Beberapa Kali Perjalanan (indeks 212)
Jenis visa ini diberikan kepada orang asing yang melakukan perjalanan ke wilayah Indonesia berlaku untuk satu tahun dengan setiap kali kunjungan tidak boleh lebih dari 60 hari, dalam rangka untuk melakukan kegiatan kunjungan wisata, kunjungan bisnis, dan kunjungan keluarga. Jenis visa ini tidak dapat diperpanjang maupun dialihstatuskan.

3. Visa Tinggal Terbatas (indeks 311-319)
Visa jenis ini diberikan kepada warga negara asing yang hendak tinggal di Indonesia untuk waktu paling lama dua tahun dengan tujuan untuk bekerja maupun tidak bekerja.

4. Visa Diplomatik atau Dinas
Jenis visa ini diberikan kepada pemegang paspor diplomatik dan dinas, maupun United Nations Laissez-Passer dengan masa izin tinggal paling lama 60 hari.

Kebijakan Bebas Visa Khusus
Pemegang paspor yang diterbitkan oleh negara-negara di bawah ini tidak memerlukan visa untuk kunjungan singkat ke Indonesia dengan masa izin tinggal selama 30 hari untuk tujuan wisata, kunjungan sosial budaya, kunjungan bisnis, dan kunjungan resmi pemerintah.
  1. Brunei Darussalam
  2. Chili
  3. Filipina
  4. Ekuador
  5. Hong Kong (Wilayah Administrasi Khusus)
  6. Kamboja
  7. Laos
  8. Makau (Wilayah Administrasi Khusus)
  9. Malaysia
  10. Maroko
  11. Peru
  12. Singapura
  13. Thailand
  14. Vietnam

Visa Kunjungan Saat Kedatangan
Jenis visa ini diberikan pada saat kedatangan di Tempat Pemeriksaan Imigrasi tertentu kepada orang asing dari negara tertentu. Visa jenis ini diberikan untuk masa izin tinggal selama 30 hari dan dapat diperpanjang untuk 30 hari namun tidak dapat dialihstatuskan. 

Negara yang Membutuhkan Otorisasi Khusus
Pemegang paspr yang diterbitkan oleh negara-negara di bawah ini, memerlukan otorisasi khusus dari Direktorat Jenderal Imigrasi untuk mendapatkan visa ke Indonesia. 
  1. Afghanistan
  2. Guinea
  3. Israel
  4. Kamerun
  5. Korea Utara
  6. Liberia
  7. Niger
  8. Nigeria
  9. Somalia
Proses untuk mendapatkan otorisasi visa dari Direktorat Jenderal Imigrasi dapat memakan waktu lama. Oleh karena itu, disarankan untuk tidak melakukan transaksi apapun terkait pembelian tiket penerbangan maupun akomodasi di Indonesia. Permohonan otorisasi tersebut dapat dilakukan secara online (silahkan klik di sini). 
Setelah permohonan otorisasi disetujui, maka pemohon dapat mengajukan penerbitan visa ke KBRI Bern melalui prosedur reguler seperti halnya prosedur visa kunjungan singkat. Proses penerbitan visa membutuhkan waktu paling lama 5 (lima) hari kerja setelah seluruh persyaratan lengkap diterima oleh KBRI Bern.

Otorisasi Visa untuk Kegiatan Jurnalistik atau Pembuatan Film
Untuk setiap kegiatan jurnalistik atau pembuatan film/ video untuk kepentingan komersial maupun non-komersial di luar untuk tujuan wisata pribadi, pemohon harus mendapatkan otorisasi penerbitan visa dari Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia c.q. Direktorat Informasi dan Media. Untuk informasi terkait prosedur pengajuan otorisasi tersebut, pemohon dapat menghubungi Bagian Penerangan dan Sosial Budaya melalui email pensosbud.bern@kemlu.go.id.

Metode Penyerahan Aplikasi Visa
Anda dapat menyerahkan berkas aplikasi visa langsung di Loket Konsuler KBRI Bern. Untuk kenyamanan Anda, mohon perhatikan jam buka Loket Konsuler, yaitu Senin-Jumat, pukul 09.00-12.00. Anda juga dapat mengirimkan berkas Anda melalui pos setelah melengkapi dokumen-dokumen yang disyaratkan ke alamat sebagai berikut:

Embassy of Indonesia
P.O. Box 112
​3000 Bern 15

Pengiriman Kembali Dokumen melalui Pos
Apabila Anda menghendaki agar dokumen Anda dikirimkan kembali ke alamat Anda melalui pos, mohon agar Anda dapat menyertakan amplop balasan yang telah dibubuhi perangko senilai CHF 6 dan dilengkapi alamat jelas pada saat menyerahkan/ mengirim berkas/ dokumen.

Pembayaran Visa

Pembayaran visa harus dilakukan melalui transfer atau deposit bank ke rekening KBRI sebagai berikut:
Name of Bank:
Payment made to:
IBAN:
Account no:
SWIFT/ BIC: 
UBS
Embassy of the Republic of Indonesia
CH55 0023 5235 9203 3702 Q
235-92033702 Q
​​UBSWCHZH80A

KBRI Bern tidak lagi menerima pembayaran tunai untuk seluruh pelayanan yang diberikan, kecuali penerbitan SPLP. Seluruh pembayaran pelayanan penerbitan visa, legalisasi maupun pelayanan kekonsuleran lainnya harus dilakukan melalui transfer maupun deposit bank ke rekening resmi KBRI Bern. Jika pembayaran tidak dilakukan melalui transfer maupun deposit bank, kecuali untuk penerbitan SPLP, maka berkas permohonan akan dikembalikan kepada pemohon dan permohonan aplikasi tidak akan diproses.

Untuk informasi pembayaran mohon klik link berikut: https://www.kemlu.go.id/bern/en/layanan-visa/Pages/Biaya-Pelayanan-Imigrasi-dan-Konsuler.aspx