Surat Rekomendasi Perusahaan

​KBRI Bern memberikan pelayanan penerbitan Surat Rekomendasi Perusahaan bagi perusahaan atau penanaman modal asing yang akan melakukan aktivitas bisnisnya di Indonesia. Surat Rekomendasi Perusahaan diterbitkan guna memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Persyaratan

  1. Surat permohonan tertulis yang menjelaskan tujuan penggunaan Surat Rekomendasi Perusahaan
  2. Menyampaikan Trade Registry / Handelresgister / Registre du Commerce / Registro di Commercio yang diterbitkan ​oleh Kamar Dagang dan Industri Swiss (pada tingkat Kanton maupun Federal) maupun Liechtenstein
  3. Menyampaikan dokumen pendukung sesuai dengan tujuan penggunaan Surat Rekomendasi Perusahaan
  4. Membayar biasa pembuatan sebesar 130 CHF per surat​


 

Metode Penyerahan Dokumen

Permohonan dapat diserahkan secara langsung ke KBRI Bern melalui loket Pelayanan Visa dan Konsuler. Untuk kenyamanan Anda, mohon perhatikan jam buka Loket Konsuler, yaitu Senin-Jumat, pukul 09:00-12:00. Berkas permohonan juga dapat dikirim melalui pos setelah melengkapi dokumen-dokumen yang disyaratkan ke alamat sebagai berikut:

Embassy of Indonesia
P.O. Box 112
​3000 Bern 15

Pengiriman Kembali Dokumen melalui Pos
Apabila Anda menghendaki agar dokumen Anda dikirimkan kembali ke alamat Anda melalui pos, mohon agar Anda dapat menyertakan amplop balasan yang telah dibubuhi perangko senilai CHF 6 dan dilengkapi alamat jelas pada saat menyerahkan/ mengirim berkas/ dokumen.

Informasi Penting
  1. Proses penerbitan Surat Rekomendasi Perusahaan membutuhkan kurang lebih 2 - 3 hari kerja, dengan kondisi seluruh persyaratan dokumen lengkap.
  2. Untuk informasi lebih lengkap, silahkan menghubungi Fungsi Ekonomi KBRI Bern melalui alamat email: ekonomi.bern@kemlu.go.id.