Resepsi Diplomatik dalam rangka Peringatan HUT RI ke-71

​Sebagai rangkaian dari perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-71, pada Senin, 29 Agustus 2016, KBRI Bern menggelar acara Resepsi Diplomatik, yang bertempat di Gedung Kultur Casino Bern. Acara ini dihadiri oleh sekitar 250 tamu undangan, yang terdiri dari berbagai unsur, diantaranya yaitu korps diplomatik, pejabat pemerintah, kalangan pengusaha, akademisi, biro perjalanan wisata, jurnalis, seniman, diaspora Indonesia, dan friends of Indonesia.

Penyelenggaraan resepsi diplomatik juga sekaligus sebagai ajang promosi budaya dan kuliner dan perluasan jejaring kerja di kalangan diplomatik maupun kalangan pejabat di Pemerintahan negara Swiss. Pada kesempatan tersebut, KBRI Bern turut mempromosikan budaya Indonesia melalui pertunjukkan gamelan Sion, yang dibawakan oleh pemuda-pemudi Swiss yang tergabung dalam kelompok musik 1,2,3, Musique Sion, pimpinan seorang warga Swiss pecinta budaya Indonesia, Nicole Coppey.  
Kekayaan kuliner Indonesia juga turut dipromosikan melalui penyajian hidangan khas nusantara, seperti nasi kuning, sate ayam, rendang, gado-gado pengantin, lapis legit, rempeyek dan dadar gulung.  Selain itu, ornamen-ornamen bernuansa Indonesia seperti payung tradisional Bali dan Jawa Tengah, patung rajawali, kain Bali, dan backdrop wayang turut menghiasi ruangan tempat penyelenggaraan resepsi.

Secara umum, perpaduan dekorasi ruangan bertema Indonesia, kuliner nusantara, dan gending gamelan Jawa yang mengalun sepanjang acara berlangsung, menambah suasana keakraban dan persahabatan antara Indonesia dengan Swiss. Selain untuk memeriahkan HUT RI ke-71, acara Resepsi Diplomatik ini juga bertujuan untuk mempromosikan budaya Indonesia dan meningkatkan serta mempererat people-to-people contact.