Surat Keterangan

​​​​1.     Surat Keterangan Lajang

KBRI Berlin dapat menerbitkan Surat Keterangan Lajang bagi WNI yang telah bertempat tinggal di Republk Federal Jerman lebih dari 1 (satu) tahun dengan mengisi formulir permohonan terlampir [link ke laman Formulir Permohonan Umum] dan membawa serta:

  • Fotokopi lembar paspor yang memuat data diri,  ijin tinggal/visa dan le​mbar yang memuat lapor diri [link ke laman Lapor Diri]
  • Fotokopi paspor atau Ausweis calon suami/isteri
  • Fotokopi Akta Kelahiran atau Kutipan Akta Kelahiran
  • Surat Pernyataan Bersama [Link Surat Pernyataan Bersama]
  • Akta Notaris Jerman yang disebut „Eidesstattliche Versicherung“ yang memuat „pernyataan Saudara dengan sumpah bahwa sampai saat dokumen tersebut diterbitkan, Saudara belum pernah menikah/tidak terikat dalam pernikahan“
  • Apabila pemohon sudah pernah menikah, tetapi cerai atau suami/isteri meninggal dunia, maka butir 5 tersebut dapat diganti dengan:
    • Fotokopi Akta​ Perceraian atau Surat Kematian, dan
    • Surat Keterangan „Eidesstattliche Versicherung“ dari Notaris yang menerangkan bahwa sejak cerai/kematian suami/isteri sampai dengan saat dokumen tersebut diterbitkan, Saudara tidak terikat dalam pernikahan
  • Waktu pengerjaan 3 hari kerja
  • Biaya: € 0,00

Catatan: 

  • Amplop beralamat dan berperangko cukup untuk pengiriman kembali dokumen secara tercatat (bagi WNI yang bertempat tinggal diluar kota)
  • Untuk penggunaan dokumen Indonesia di Republik Federal Jerman, KBRI Berlin dapat memberikan legalisasi atas dokumen hasil terjemahan kedalam bahasa Jerman (Surat Keterangan Lahir dll.) yang dilakukan oleh penterjemah resmi yang terdaftar pada KBRI Berlin


2.     Surat Keterangan Pencatatan Perkawinan

  • Telah melapor diri [link ke laman Lapor Diri] pada Perwakilan RI
  • Mengisi Formulir Permohonan Umum dan Formulir Pencatatan Perkawinan
  • Membawa Akta Nikah asli dari kantor catatan sipil setempat
  • Membawa paspor asli dan KTP/Personalausweis suami dan istri
  • Membawa Akta Lahir suami dan istri
  • Membawa pasfoto berwarna suami dan istri
  • Amplop beralamat lengkap dan berperangko secukupnya untuk pengiriman kembali dokumen secara tercatat
  • Waktu pengerjaan 3 hari kerja
  • Biaya: € 0,00

 

3.     Surat Keterangan Penambahan Nama Keluarga (Perubahan Identitas pada Paspor)

  1. Telah melapor diri [link ke laman Lapor Diri] pada Perwakilan RI
  2. Mengisi Formulir Permohonan Umum dan Formulir Permohonan Penambahan Nama
  3. Membawa paspor asli
  4. Membawa Surat Keputusan Pengadilan Negeri dari Indonesia. Bagi yang tidak melampirkan Surat Keputusan Pengadilan, perubahan nama setelah menikah atau karena perceraian maupun alasan lainnya akan ditempatkan pada halaman buku paspor yang merupakan catatan- pengesahan/endorsement
  5. Membawa fotokopi:
    • Eheurkunde (Akta Nikah) yang diterbitkan oleh Standesamt (Kantor Catatan Sipil) 
    • Scheidungsurkunde (Akta Cerai) yang diterbitkan oleh Amtsgericht (Pengadilan Negeri), apabila telah bercerai 
    • Namensänderungsbehörde beim Standesamt (pergantian nama dari Kantor Pencatatan Sipil) – apabila ada
    • Aufenthaltstitel/Aufenthaltsgenehmigung (Kartu Identitas)
    • Meldebestätigung (Surat Bukti Domisili)
    • Akta Kelahiran dari Indonesia
  6. Waktu pengerjaan 3 hari kerja
  7. Biaya: €0,00.

Informasi tambahan:

  • Pengajuan permohonan perubahan pada data paspor dapat dilakukan:
    • Secara langsung dengan menyerahkan paspor dan dokumen pendukung ke Loket Pelayanan Konsuler KBRI Berlin sesuai jam buka pelayanan kekonsuleran 
    • Melalui pos dengan melampirkan amplop balasan dengan bertuliskan alamat lengkap dan berperangko cukup untuk pengiriman kembali dokumen secara tercatat.​

​​​

4.     Surat Keterangan Pelaporan Kelahiran

  • Telah melapor diri [link ke laman Lapor Diri] pada Perwakilan RI
  • Mengisi Formulir Permohonan Umum dan Formulir Pelaporan Kelahiran
  • Membawa Akta Lahir asli
  • Membawa fotokopi paspor kedua orang tua
  • Membawa kutipan Akta Nikah
  • Membawa fotokopi paspor Saksi I dan Saksi I
  • Amplop beralamat lengkap dan berperangko secukupnya untuk pengiriman kembali dokumen secara tercatat
  • Waktu pengerjaan 3 hari kerja
  • Biaya: € 0,00

 

5.     Surat Keterangan Pencatatan Perceraian

  • Telah melapor diri [link ke laman Lapor Diri] pada Perwakilan RI
  • Mengisi Formulir Permohonan Umum dan Formulir Pencatatan Perceraian
  • Membawa surat cerai asli dari kantor catatan sipil setempat
  • Membawa surat nikah asli
  • Membawa fotokopi paspor dan Personalausweis mantan suami dan istri
  • Amplop beralamat lengkap dan berperangko secukupnya untuk pengiriman kembali dokumen secara tercatat
  • Waktu pengerjaan 3 hari kerja
  • Biaya: € 0,00

 

6.     Surat Keterangan Pulang Seterusnya

KBRI Berlin dapat menerbitkan Surat Keterangan bagi WNI yang akan pulang seterusnya ke Tanah Air setelah tinggal/berdiam di Republik Federal Jerman (RFJ) sekurang­-kurangnya 1 (satu) tahun secara terus menerus. Apabila diperlukan, KBRI Berlin dapat mengesahkan daftar buku/barang pindahan dengan mengisi formulir permohonan dan mengisi daftar buku/barang pindahan yang akan dikirimkan melalui kargo atau kontainer. Yang dimaksud dengan barang pindahan adalah perabot rumah tangga, alat-alat dapur, buku-buku, piano, organ atau alat musik lainnya, peralatan olahraga, televisi, radio, video, LD/CD/DVD player, computer (PC), AC dan barang lainnya yang lazim digunakan sehari­-hari. Fungsi Konsuler tidak mengesahkan daftar buku/barang atas buku/barang pindahan yang telah dikirimkan terlebih dahulu ke Indonesia.

Persyaratan:

  • Telah melapor diri [link ke laman Lapor Diri] pada Perwakilan RI
  • Mengisi Formulir Permohonan Umum dan Formulir Daftar Buku dan Barang Pindahan
  • Pengajuan dilakukan selambat-lambatnya 1 (satu) minggu sebelum meninggalkan RFJ
  • Membawa paspor
  • Fotokopi Abmeldebescheinigung (surat keterangan meninggalkan RFJ)
  • Fotokopi ijazah pendidikan terakhir di RFJ (bagi pelajar/mahasiswa)
  • Amplop beralamat lengkap dan berperangko secukupnya untuk pengiriman kembali dokumen secara tercatat
  • Waktu pengerjaan 3 hari kerja
  • Biaya: € 0,00

 

7.     Surat Keterangan Membawa Jenazah / Abu Jenazah (apabila akan dikuburkan di Indonesia)

  • Pemohon telah melapor diri [link ke laman Lapor Diri] pada Perwakilan RI, jika berdomisili di RFJ
  • Mengisi Formulir Permohonan Umum
  • Membawa fotokopi paspor pemohon dan yang telah meninggal
  • Membawa Surat Keterangan Kematian (Leichenschauschein) dari dokter / rumah sakit
  • Membawa Surat Catatan Kematian (Auszug aus dem Sterbeeintrag) dari kantor catatan sipil setempat
  • Membawa Surat Jenazah (Leichenpass) dari kantor kecamatan setempat (Bezirksamt)
  • Memberikan alamat lengkap anggota keluarga penerima Jenazah / Abu Jenazah di Indonesia
  • Surat konfirmasi pengiriman jenazah (Airway Bill)
  • Biaya: € 0,00


8.     Surat Keterangan Hibah / Membawa Peralatan Penelitian

Peraturan Menteri Keuangan terkait pembebasan bea masuk atas impor barang kiriman hadiah/hibah, permohonan dapat langsung ditujukan kepada Direktorat Fasilitas Kepabeanan, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (T.: +62 21 4890308 psw 326):

  1. Barang kiriman hadiah untuk keperluan penelitian, ibadah umum, amal, sosial, kebudayaan atau untuk kepentingan penanggulangan bencana alam
  2. Badan atau lembaga yang diberikan pembebasan bea masuk adalah Badan atau Lembaga yang bergerak di bidang penelitian, ibadah umum, amal, sosial/kebudayaan
  3. Untuk mendapatkan surat keputusan pembebasan, harus terlebih dahulu mendapatkan keputusan pembebasan dari Menteri Keuangan dengan mengajukan permohonan melalui direktur Jenderal Bea & Cukai, up direktur Fasilitas Kepabeanan dengan dilampri:
    • Rincian jumlah dan jenis barang yang dimintakan pembebasan bea masuk beserta nilai pabeannya dan pelabuhan bongkarnya
    • Asli surat keterangan dari pemberi hadiah di LN (gift certificate) yang menyatakan bahwa barang tersebut adalah kiriman hadiah dan dalam pengadaannya tidak menggunakan devisa Indonesia
    • Asli rekomendasi dari kementerian teknis terkait tingkat pusat

Pengiriman barang hibah dari luar negeri ke Indoanesia TIDAK MEMUNGKINKAN apabila penerima barang hibah adalah individu atau perorangan.

 

Metode Pembayaran

Pembayaran biaya administrasi dapat dilakukan di kantor Perwakilan RI dengan menggunakan Electronic Card atau dapat ditransfer melalui bank  (bukti / fotokopi bukti transfer perlu disertakan pada permohonan penerbitan surat keterangan dan biaya legalisasi tersebut diatas).

Data Bank:

Nama Rekening Indonesische Botschaft
​IBANDE47 1004 0000 0266 0108 00
BICCOBADEFFXXX
No. Rekening2660108
Kode Bank / BLZ100 400 00 (Commerzbank Berlin)


Setelah melakukan transfer biaya pembuatan Surat Keterangan, mohon agar bukti transfer pembayaran dapat dikirimkan bersama persyaratan yang lain.