Masyarakat Indonesia Serentak Gelar Aksi Peduli di 14 Kota di Jerman

Beberapa kelompok masyarakat Indonesia di Jerman menggelar aksi solidaritas sosial melalui program “Indonesia für Deutschland /IFD“ (Indonesia untuk Jerman). IFD merupakan kegiatan amal berupa pemberian bingkisan kepada masyarakat di Jerman yang tidak mampu.

IFD menjadi kegiatan tahunan yang pada 2018 ini memasuki tahun ke-4. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, ​​IFD pada 04/11 kali ini diselenggarakan serentak di 14 kota di Jerman. Kota-kota tersebut adalah Berlin, Dessau, Kassel, Frankfurt, Dresden, Karlsruhe, Stuttgart, Munich, Gießen, Duisburg, Hamburg, Bremen, Bonn dan Lommel.

Havas juga menambahkan ini juga bagian dari promosi citra Indonesia di Jerman. IFD mengenalkan sisi lain Indonesia yang menunjukkan martabat bangsa Indonesia yang memiliki sifat peduli dan suka memberi.

Badan Amal Inggris (Charities Aid Foundation/CAF) menobatkan Indonesia sebagai negara paling dermawan di dunia pada tahun 2018. Indonesia menduduki peringkat teratas dari 146 negara yang dilakukan survey oleh World Poll Initiative Gallup.

Ratusan bingkisan dibagikan kepada orang-orang tidak mampu di 14 kota tempat berlangsungnya aksi IFD tersebut.

Beberapa kelompok masyarakat yang mensponsori IFD tahun ini, antara lain PCI-NU Jerman, Warung Nusantara, Tuk Tuk Restoran, Gerakan Indonesia Peduli, Nyama Braya Bali, Kelompok Pasundan Berlin, Keluarga Mahasiswa Katolik Indonesia Berlin, Forum Alumni Universitas Telkom Jerman, Iluni UI Jerman dan GoPajak.com.

Tahun depan kita akan tingkatkan lagi skalanya dan lakukan persiapan lebih baik. Kalau perlu IFD ini kita selenggarakan dua kali setahun, ujar Havas mengakhir sambutannya. ​