Dubes Havas Oegroseno : Connecting the Dots, Jalan Meraih Kesuksesan

Bertindak sebagai tamu kehormatan (guest of honor) pada perayaan wisuda the SRH University di kota Hamm, Dubes RI untuk Jerman, Arif Havas Oegroseno diminta khusus untuk memberikan sambutan.

Dalam perayaan wisuda yang berlangsung di auditorium the SRH University, Hamm pada 10/11 tersebut, Dubes Havas menyampaikan beberapa pesan kepada para wisudawan.

“Tantangan terbesar Saudara setelah dari sini adalah bagaimana Saudara bisa menyambungkan titik-titik dari berbagai pengalaman yang telah Saudara jalani selama ini (connecting the dots). Titik-titik tersebut akan menjadi modal dan kekuatan Saudara untuk meraih masa depan yang lebih baik", demikian antara lain nasihat Dubes Havas.

Lebih lanjut Dubes Havas mengingatkan para wisudawan untuk menanamkan rasa cinta dalam setiap hal yang dikerjakan (do your works with passion). Dubes Havas juga mengutip sebuah ungkapan yang cukup dikenal dalam Islam: “Bekerjalah untuk dunia dengan sungguh-sungguh seakan-akan kita akan hidup selamanya serta berdoa dan berbuat baiklah seakan-akan kita akan mati esok".

Sementara itu,  Rektor SRH Hamm, Prof. Meierling dalam sambutannya menyampaikan bahwa SRH Hamm merupakan universitas yang diakui negara (staatlich geprüft). “Kami juga telah sukses menjalankan program Duales Studium untuk jurusan Soziale Arbeit sejak tahun 2015. Sebanyak 50 mitra (Kooperationspartner SRH Hamm) merasa puas dengan program ini“, ujar Prof Meierling.  

SRH Hamm juga menerapkan Integrationskonzept dalam misi kampusnya. Melalui misi ini lulusan yang berasal dari non-Eropa dapat memperoleh kesempatan kerja dan tinggal di Jerman.

Perayaan wisuda ini dihadiri oleh ratusan undangan termasuk di dalamnya 190 orang wisudawan. Di antara para wisudawan, terdapat satu orang warga negara Indonesia yaitu Sdr. Vembi Noverly, yang berkesempatan kuliah di universitas ini  melalui kerjasama antara Universitas Tirtayasa (Untirta) Banten dan SRH Hamm.

Kedua universitas telah menyepakati ​Memorandum of Understanding pada tahun 2012. Beberapa bidang kerja sama disepakati dalam MoU ini, antara lain: Academic networking, knowledge transfer and Joint Degree, Research Cooperation, Student and academic mobility and exchanged, Foreign language programs and intercultural trainings, dan Joint publication opportunities.