Menko Wiranto: penting untuk memotong aliran dana terorisme melalui kerja sama regional dan internasional

       

​Menko Polhukam Wiranto menyampaikan bahwa sangat penting kerja sama regional dan internasional untuk memotong aliran dana yang mendukung terorisme di seluruh dunia. Hal tersebut disampaikannya pada aara pembukaan The 4th Annual Counter-Terrorism Financing (CTF) Summit 2018 di Bangkok, 7 November 2018.

Menurut Menko Polhukam, pertemuan tingkat tinggi ini merupakan upaya sinergi berbagai pihak untuk menghasilkan kesinambungan dan pertukaran intelijen dalam rangka memerangi kejahatan transnasional di regional dan global.

Menko Wiranto juga menyampaikan apresiasi kepada Thailand dan Australia atas inisiatif dalam rangka mencegah aliran dana yang dapat mendukung terorisme melalui kegiatan CTF Summit ke-4.

Turut menyampaikan sambutan adalah Deputi PM Thailand, Wissanu Krea-ngam  dan Menteri Dalam Negeri Australia, Peter Dutton. Deputi PM Thailand menyampaikan bahwa ancaman teroris bisa terjadi dimana saja bahkan di luar wilayah konflik, sehingga penting sekali mencegah pendanaan kegiatan teroris.

Kegiatan pertemuan tahunan ke-4 Counter-Terrorism Financing merupakan kerja sama tiga lembaga pengawas transaksi keuangan dan anti pencucian uang yaitu PPATK (Indonesia), AMLO (Thailand) dan AUSTRAC (Australia). Indonesia dan Australia merupakan inisiator awal CTF. Indonesia pernah menjadi tuan rumah pada CTF Summit ke-2.

(AZ, KBRI Bangkok)