Harika Endonezya V Bursa, 26 November 2017

​​Pada hari Minggu tanggal 26 November 2017, Kedutaan Besar Republik Indonesia Ankara di Turki bekerjasama dengan Bursa City Council dan Bursa Metropolitant Municipality telah menyelenggarakan pagelaran seni dan budaya Harika Endonezya / Wonderful Indonesia di Orhangazi Hall, Merinos AKKM Bursa. Acara ini diadakan dalam rangka memperkenalkan seni, budaya dan potensi pariwisata Indonesia. Sebelumnya, Harika Endonezya telah empat kali digelar diberbagai kota besar di Turki, seperti Ankara dan Izmir.

Pagelaran budaya Harika Endonezya yang kelima ini diawali dengan pameran foto destinasi wisata dan kerajinan tangan khas Indonesia disertai Coktail party yang menghidangkan makanan ringan tradisional khas Indonesia, kemudian dilanjutkan dengan pertunjukkan diatas pentas yang didukung oleh Rumah Budaya Indonesia (RBI) Ankara dengan menampilkan berbagai seni tari, Fashion show baju adat, serta seni musik yang melibatkan partisipasi aktif elemen pelajar/mahasiswa serta masyarakat Indonesia di Turki.

Sebagai puncak acara, grup Angklung KBRI Ankara berkolaborasi dengan Saung Angklung Udjo membawakan 2 buah lagu Turki yang disambut dengan meriah. Pembagian 250 buah angklung kepada penonton pada sesi interaktif menambah semarak malam pagelaran budaya tersebut.

Antusiasme masyarakat Bursa terlihat dari jumlah penonoton yang hadir. Ada sekitar 1000 orang penonton. Jumlah ini melebihi kapasitas ruangan yang seharusnya hanya dapat menampung sekitar 800 orang. Mereka mendapatkan angklung, pin angklung, serta cetak foto instan dengan mengenakan baju adat daerah Indonesia sebagai kenang-kenangan.

Acara ini dihadiri masyarakat berbagai kalangan baik umum, akademisi maupun pejabat pemerintah, seperti Walikota Bursa Alinur Aktas yang turut memberikan sambutan pembukaan. Dalam kesempatan tersebut beliau menggaris bawahi adanya kedekatan dan persahabatan antara Indonesia dan Turki. Dalam pandangannya, kedua negara memiliki banyak kesamaan nilai dan peluang kerjasama diberbagai bidang. Program malam ini memperlihatkan adanya kerjasama dan persaudaraan yang sangat erat.

Malam pagelaran budaya Harika Endonezya V mendapatkan tanggapan positif dari masyarakat luas dan diliput oleh lebih dari 10 media massa lokal, baik cetak maupun online. Berdasarkan ulasan media, sebagian besar mengharapkan adanya acara serupa dapat digelar kembali. Mereka melihat acara ini membawa angin segar ke dalam hubungan Indonesia dan Turki, serta perwujudan nyata adanya jalinan kerjasama yang potensial terutama di bidang pariwisata & kebudayaan, juga semakin eratnya persaudaraan kedua negara muslim.

(Sumber: KBRI Ankara