Dubes RI Kunjungi Proyek PT WIKA di Provinsi Ain Defla

Dubes RI Kunjungi Proyek PT WIKA di Provinsi Ain Defla


Duta Besar LBBP RI untuk Aljazair, YM Ibu Safira Machrusah melakukan kunjungan ke Provinsi Ain Defla, Aljazair selama dua hari, yaitu pada hari Kamis-Jumat, 24-25 Mei 2018. Dalam kunjungannya ke Provinsi Ain Defla, Dubes RI melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan, yaitu meninjau proyek PT WIKA, bertemu dengan Gubernur Provinsi Ain Defla, bertemu dengan KADIN Provinsi Ain Defla, meresmikan Masjid kompleks proyek PT WIKA, buka bersama WNI dan sosialisasi pemilu.

Dalam kunjungannya ke proyek PT WIKA di Provinsi Ain Defla, Dubes RI meninjau progres pekerjaan proyek PT WIKA dan mendengarkan kendala-kendala proyek di lapangan dari manager proyek PT WIKA untuk dicarikan solusi bersama. PT WIKA mendapat proyek pembangunan 2250 unit perumahan dari total 6050 unit perumahan yang diprogramkan oleh pemerintah Provinsi Ain Defla. 2250 unit rumah tersebut dikerjakan oleh PT WIKA sampai dengan tahun 2020.

Dalam pertemuannya dengan Gubernur Provinsi Ain Defla, Dubes RI menyampaikan terima kasih atas kepercayaan pemerintah Provinsi Ain Defla yang telah mempercayakan proyek pembangunan perumahan kepada salah satu BUMN Indonesia yaitu PT WIKA. Beliau juga menyampaikan komitmen PT WIKA untuk menyelesaikan proyek tepat waktu sesuai yang diperjanjikan dalam kontrak.

Dalam pertemuannya dengan KADIN Provinsi Ain Defla, Dubes RI menyampaikan potensi kerjasama ekonomi dengan Indonesia melalui mekanisme B to B dan secara khusus mengundang mereka dalam event Trade Expo Indonesia (TEI) 2018 yang akan diselenggarakan pada tanggal 24-28 Oktober 2018 di Provinsi Banten, Indonesia. Terlihat antusiasme para pengusaha anggota KADIN dalam mendengarkan penyampaian Dubes RI. Mereka ingin menghadiri event TEI tersebut dan ingin melakukan MoU perdagangan dengan para pengusaha Indonesia pada sela-sela event TEI tersebut.

Dubes RI juga meresmikan Masjid Al-Mubarok yang berada di dalam kompleks proyek PT WIKA di Kota Ain Defla dan buka bersama dengan para WNI. Masjid Al-Mubarok kompleks proyek PT WIKA di Ain Defla baru selesai pengerjaannya tiga hari yang lalu sebelum diresmikan oleh Dubes RI. Masjid tersebut menurut  Bapak Yulianto, Direktur WIKA Overseas, diharapkan bisa menjadi pusat aktifitas ibadah di samping bisa menjadi tempat istirahat sementara apabila pekerja proyek kelelahan atau kepanasan, mengingat di bulan Ramadhan ini, suhu udara pada siang hari bisa mencapai 45 derajat.

Setelah meresmikan Masjid Al-Mubarok, Dubes RI melaksanakan kegiatan buka bersama dengan para WNI pekerja proyek PT WIKA yang disebut sebagai duta bangsa. Dalam sambutannya, Dubes RI menyampaikan kepada para duta bangsa untuk selalu menjaga kesehatan, mengingat mereka jauh dari tempat asal dengan suhu dan lingkungan yang berbeda dengan tempat asal mereka agar mereka bisa bekerja dengan baik dan bisa memberikan kebanggaan bagi keluarga dan bangsa. Kegiatan buka bersama ini juga merupakan rangkaian kegiatan Ramadhan KBRI Alger yang salah satunya adalah kegiatan buka bersama KBRI Alger dan para WNI secara bergilir di beberapa kantung-kantung WNI.

Pada hari berikutnya, Dubes RI bersama Panitia Pemilihan Umum Luar Negeri (PPLN) Aljazair mengadakan kegiatan sosialisasi pemilu 2019 kepada para WNI di Ain Defla, di mana mereka dijelaskan mengenai tahapan-tahapan pemilu, prosedur pelaksanaan pemilu, hingga sosialisasi mengenai partai-partai politik yang menjadi kontestan dalam pemilu 2019.

Kegiatan kunjungan Dubes RI di Provinsi Ain Defla diakhiri dengan shalat Jumat berjamaah di Masjid Al-Mubarok yang telah diresmikan sehari sebelumnya.

-=0=-