PENERBANGAN

Maskapai penerbangan yang melayani penerbangan dari Jakarta - Addis Ababa antara lain: 

  • Ethiopian Airlines

           Rute      : Jakarta - (via Bangkok) - Addis Ababa 

  • Garuda Indonesia

           Rute      : Jakarta – Jeddah (Garuda) – Addis Ababa (Saudi/ Ethiopian Airlines)

  • Emirates

           Rute      : Jakarta – Dubai – Addis Ababa

  • Qatar Airways

           Rute      : Jakarta – Doha - Addis Ababa


INFORMASI PENGAJUAN VISA ETHIOPIA

Untuk memperoleh Visa Ethiopia dapat dilakukan 3 (tiga) cara yaitu :

1.      Mengajukan permohonan visa ke Kedutaan Ethiopia di Jakarta dengan alamat:

Embassy of the Federal Democratic Republic of Ethiopia
Jl. Aditiawarman no 21
Selong, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan 12110
Indonesia

Telephone (hunting): (+62) 21 2277 6685
Fax:  (+62) 21 7278 9363
E-mail:  ethembjakarta@gmail.com
Website: www.ethiopianembassy.id
Twitter: @JaEmbassy

2.      Calling Visa: Dengan bantuan dari pihak sponsor di Ethiopia untuk mengajukan permohonan visa ke Imigrasi Ethiopia.

3.      Selain itu, anda juga dapat mengajukan permohonan visa dengan cara visa online/ e-visa melalui: 

         https://www.evisa.gov.et/#/apply       

VAKSINASI

Ethiopia tidak mensyaratkan untuk melakukan vaksinasi, namun untuk alasan preventif, sebelum bepergian ke negara Afrika lainnya, atau akan lama tinggal di Ethiopia, serta banyaknya komunitas Afrika di Ethiopia, anda dianjurkan untuk melakukan vaksinasi terlebih dahulu yaitu vaksinasi Yellow Fever dan Meningitis. Guna mencegah terkena malaria, terutama jika mengunjungi daerah rendah (di bawah ketinggian 1.500 meter) maka sebaiknya anda meminum obat anti malaria sebelum berangkat. 

Terdapat beberapa tempat yang menyediakan pelayanan vaksinasi tersebut yaitu antara lain Bandara Soekarno Hatta, Bandara Halim Perdana Kusumah dan Pelabuhan Tanjung Priok. Dianjurkan agar vaksinasi dilakukan 2 minggu sebelum berangkat ke luar negeri. Ada beberapa syarat yang pada umumnya diminta yaitu :

  • Paspor/ fotocopy paspor
  • KTP
  • Pas Photo


OBAT OBATAN

Ethiopia adalah salah satu negara Afrika yang fasilitas kesehatannya belum memadai. Oleh karena itu sangat disarankan untuk membawa obat-obatan dalam jumlah cukup untuk tinggal selama di Ethiopia. 

UANG

Di Ethiopia tidak terdapat bank asing dan sistem perbankan masih tertutup. Oleh karena itu dianjurkan untuk membawa mata uang asing yang mudah ditukarkan seperti US Dollar dan Euro guna memudahkan penukaran mata uang di Ethiopia. Jika membawa uang lebih dari US$ 3.000 atau mata uang asing setara jumlah tersebut, maka penumpang pesawat harus declare/  lapor di bandara, begitu pula ketika hendak meninggalkan Ethiopia. Jika membawa mata uang Ethiopia (Birr) keluar dari Ethiopia lebih dari Birr 200, maka uang kelebihannya akan disita oleh petugas di bandara. 

LISTRIK

Tegangan listrik di Ethiopia adalah 220 volt. Di Ethiopia sangat sering terjadi pemadaman listrik, maka disarankan untuk menyiapkan emergency lamp atau power bank. Pada umumnya colokan/ connector adalah dua lubang, namun ada beberapa colokan yang menggunakan tiga lubang. 

ALAT KOMUNIKASI

  • Kartu SIM Indonesia yang masih bisa digunakan di Ethiopia adalah kartu SIM Telkomsel dan XL. Namun anda harus mengaktifkan fasilitas Roaming di Indonesia sebelum anda menuju ke Ethiopia.
  • Disarankan untuk membawa ponsel jenis Android/IPhone dibanding Blackberry karena fasilitas BBM di Blackberry tidak bisa digunakan dan hanya bisa untuk SMS dan telepon saja. BBM dapat berfungsi sepanjang menggunakan ponsel jenis Android/Iphone.
  • Untuk mendapatkan Kartu SIM Ethiopia anda bisa membeli langsung di counter Ethio Telecom di Bandara atau kantor Ethio Telecom terdekat.
  • Untuk alasan tertentu, penggunaan sosial media sering dibatasi (FB, YouToube, WA), oleh karena itu disarankan agar pemilik ponsel meng-install aplikasi Virtual Private Network (VPN) agar bisa berkomunikasi dan mengunduh/ mengunggah gambar/ video.

PAKAIAN

Temperatur di Addis Ababa cukup sejuk (siang 15-24c) dan dingin terutama di malam dan pagi hari (berkisar 5-12c). Maka dari itu disarankan untuk membawa dan menyiapkan pakaian tebal/jaket yang hangat. Musim hujan berlangsung pada bulan Juni – Agustus. 

Ethiopia Customs, Currency & Airport Tax regulations details dapat di lihat pada situs:

http://www.iatatravelcentre.com/ET-Ethiopia-customs-currency-airport-tax-regulations-details.htm