Filosofi Kopi jadi Film Pembuka ASEAN Film Festival 2015 di Nigeria

​​​Pada tanggal 7 Oktober 2015, bertempat di Pusat Budaya Korea Selatan, Abuja, Nigeria, ASEAN Committee in Abuja (ACA) telah menyelenggarakan kegiatan pembuka ASEAN Film Festival with Special Guest South Korea yang akan diselenggarakan pada tanggal 7 – 14 Oktober 2015. 


Film asal Indonesia, Filosofi Kopi, telah terpilih menjadi film pembuka dalam festival tersebut. Festival yang baru pertama kali diadakan di Nigeria, bahkan di kawasan Afrika barat ini secara resmi dibuka oleh Sekretaris Tetap Kementerian Pariwisata Nigeria, Mrs. Nkechi Ejele dan dihadiri oleh sejumlah petinggi Nigeria, para Duta Besar negara sahabat, anggota Diplomatic Corps, pihak media, dan tamu undangan lainnya. 

Dalam sambutannya, Mrs. Ejele menyambut baik dan memberikan apresiasi yang besar kepada ACA atas penyelenggaraan festival tersebut sebagai wadah promosi, perkenalan nilai-nilai ASEAN sekaligus upaya peningkatan hubungan bilateral Nigeria dan ASEAN di bidang seni dan budaya melalui film. 

Chairman ACA, Dubes RI, Harry Purwanto, sempat menjelaskan bahwa festival tersebut merupakan salah satu dari serangkaian kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka peringatan hari ulang tahun ASEAN ke-48 pada Agustus lalu. Dubes RI juga berharap bahwa melalui festival tersebut, para penonton khususnya warga Nigeria, paling tidak, dapat memiliki gambaran dan pemahaman singkat mengenai ASEAN dan terinspirasi untuk mengetahui potensi dan kekayaan yang dimiliki ASEAN dalam berbagai bidang. 

Respon para pengunjung festival ini sangat baik. Beberapa tamu bahkan sangat kagum dengan ide cerita dan sinematofrafi film Filosofi Kopi. Selanjutnya, festival ini juga akan menayangkan film dari negara anggota ASEAN yang memiliki perwakilan di Nigeria, yakni Vietnam, Malaysia, Thailand, Filipina dan diakhiri dengan Korea Selatan sebagai special guest. ​