The 3rd Adriatic Sea Defense and Aerospace (ASDA) Exhibition

Pada tanggal 21-25 April 2015, mewakili Menteri Pertahanan RI, Brigjen Eko Budi Soepriyanto bersama Dubes RI Zagreb, Bapak Agus Sardjana, telah mengadakan kunjungan kerja ke Split, Kroasia, dalam rangka memenuhi undangan Menteri Pertahanan Kroasia, Ante Kotromanović untuk menghadiri pameran ASDA ke 3 (The 3rd Adriatic Sea Defense and Aerospace).

ASDA merupakan acara pameran yang didukung dan disponsori oleh Kementerian Pertahanan Republik Kroasia. Pameran ASDA ini menampilkan kemampuan teknologi dan manufaktur dari industri strategis dan pertahanan Kroasia maupun 23 negara lain yang ikut berpartisipasi. Pameran ASDA ke 3 tersebut tidak hanya menampilkan produk-produk industri militer terbaru saja namun juga demonstrasi / simulasi penanganan anti teror oleh Angkatan Bersenjata Kroasia.

Di sela-sela pertemuan tersebut telah diadakan pembicaraan singkat dengan Menteri Pertahanan Kroasia, Ante Kotromanović, dan General Chief of Staff of the Armed Forces of the Republic of Croatia, Jenderal Drago Lovrić. Selain itu secara khusus, Brigjen Eko Budi Soepriyanto juga bertemu dengan Letnan Jenderal Slavko Barić, Ph.D., Direktur Akademi Pertahanan Kroasia “Petar Zrinski“, dalam working dinner yang dijamu oleh Dubes RI Zagreb. Secara resiprokal, Direktur Akademi Pertahanan Kroasia telah mengundang Brigjen Eko Budi Soepriyanto dan Dubes RI Zagreb untukworking lunch di Kemhan sekaligus bertemu dengan Direktur Pusat Studi Pertahanan dan Strategis, Kolonel Jugoslav Josić, Ph.D.
​​​

Dalam kedua pertemuan tersebut di atas, pihak Kroasia menunjukkan keinginan untuk meningkatkan kerjasama dengan Kemhan RI, diantaranya kemungkinan mengadakan program pertukaran Taruna / Kadet dari kedua belah pihak, dan juga pertukaran kunjungan pejabat tinggi dari Kemhan kedua negara. Selain itu, Kroasia juga menyampaikan apresiasinya yang mendalam atas rencana partisipasi LEMHANNAS (yang akan diwakili oleh Wakil Gubernur LEMHANNAS) sebagai salah satu pembicara dalam Konferensi Internasional yang diselenggarakan oleh Akademi Pertahanan Kroasia dengan tema“Croatia in contemporary Security Environment – Threats, Challenges and Responses“, tanggal 14-16 Juni 2015 mendatang. Pada saat yang sama, Letnan Jenderal Barić menyampaikan bahwa Menhan Kroasia dan KASUM (Chief of Staff) saat ini sedang mempertimbangkan undangan Menteri Pertahanan RI untuk menghadiri the 5th Jakarta International Defense Dialogue, tanggal 24-25 Agustus 2015.​