Produk Indonesia Dobrak Pasar Kroasia

​​​ITPC Budapest bekerjasama dengan KBRI Zagreb Kroasia, kembali mengadakan Indonesian Expo yang bertempat di Kantor Croatian Chamber of Trade and Crafts (Hrvatska Obrtnička Komora / HOK), di Zagreb tanggal 15-16 Mei 2015 yang dibuka secara resmi oleh Duta Besar RI di Kroasia, Agus Sardjana.

“Dengan adanya Indonesian Expo, kami sangat optimis potensi perdagangan Indonesia dan Kroasia semakin meningkat kedepannya, ”papar Agus Sardjana

Penyelenggaraan pameran Indonesian Expo di Zagreb didasari keinginan untuk lebih mengenalkan produk Indonesia khususnya produk UKM sekaligus mencari mitra bisnis strategis untuk produk-produk unggulan UKM Indonesia. Selain itu, pengusaha Kroasia juga dikenal sangat agresif dan antusias dengan produk-produk Indonesia.

“Indonesian Expo ini diharapkan mampu mendobrak dan meningkatkan penetrasi produk Indonesia di Kroasia,’’ujar Kepala Indonesian Trade Promotion Center Budapest Hikmat Rijadi.

Indonesia Expo kali ini diikuti oleh sejumlah perusahaan Indonesia antara lain PT. Sinar Syarif Mahkota Sejahtera, Erisa Craft & Jewelry, Cantik Rumah Batik, Valentino, dan beberapa pengusaha importir Kroasia dengan produk perhiasan, handicraft, batik, fashion, dan furniture.

 “Meskipun secara transaksi belum terlalu besar, namun terobosan seperti ini harus tetap dilakukan dalam rangka mengenalkan sekaligus melakukan penetrasi produk Indonesia ke Kroasia,”ungkap Hikmat.

Total perdagangan Indonesia dan Kroasia adalah sebesar USD 36,37 juta dengan nilai ekspor non migas berjumlah USD 25,41 juta dan mengalami surplus senilai USD 14,44 juta. Adapun produk potensial Indonesia di pasar Kroasia antara lain: kertas, minyak sayur dan margarine, CPO, produk ikan, furniture, dan produk peternakan.