Penyerahan surat kepercayaan Dubes Agus Sardjana kepada Presiden Ivo josipovic

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Duta Besar RI untuk Republik Kroasia Agus Sardjana pada tanggal 28 Februari 2012 pukul 09.30 telah menyerahkan surat - surat kepercayaan kepada Presiden Ivo Josipovic di Istana Presiden. Acara penyerahan ini menandakan dimulainya masa kerja yang resmi Duta Besar RI Agus Sardjana di Kroasia.

Setelah acara penyerahan Surat Kepercayaan, Dubes Agus Sardjana dan Presiden Ivo Josipovic mengadakan pembicaraan bilateral didalam suasana yang hangat dan bersahabat. Pada pembicaraan yang berlangsung 15 menit tersebut, Presiden Ivo Josipovic  mengucapkan selamat datang kepada Dubes RI dan berkeyakinan dengan kehadiran dubes Agus Sardjana, hubungan antara kedua negara akan lebih meningkat lagi. Dubes  Agus sardjana menyampaikan salam hangat dari Presiden RI yang mempunyai  kenangan yang mendalam  tentang Kroasia karena pernah bertugas dalam misi  perdamaian PBB UNPROFOR.

Disebutkan oleh Presiden Josipovic, dalam upaya meningkatkan kerjasama antara kedua negara, pelabuhan Rijeka dapat dimanfaatkan sebagai pintu masuk bagi produk Indonesia ke kawasan Balkan dan Eropa Timur. Dubes Agus Sardjana memperhatikan perkembangan industri perkapalan di Rijeka dan ia mengharapkan agar dapat terjadi alih teknologi dalam industri perkapalan di Rijeka dan dapat di implementasikan melalui suatu perjanjian kerjasama.

Presiden Ivo Josipovic menyampaikan situasi saat ini di Kroasia yang sedang berada dalam resesi ekonomi yang cukup berat.  Kroasia banyak bergantung dari industri pariwisata yang cukup maju dan justru mengalami peningkatan di saat krisis.  Menanggapi hal itu, Dubes Agus Sardjana mengemukakan bahwa saat ini pertumbuhan ekonomi Indonesia adalah 6,5% dan masalah yang sering kali hadapi adalah pendistribusian barang dan kemiskinan. Kroasia dan Indonesia adalah negara kepulauan dan Indonesia yang sedang mengembangkan pariwisatanya dapat belajar kepada Kroasia yang telah berhasil memaksimalkan potensi pulau – pulau yang ia miliki. Sebagai penutup,Dubes Agus Sardjana berharap agar Presiden Ivo Josipovic dapat berkunjung ke Indonesia.