Ms. Marina Pretkovic, Wakil Kroasia dalam Program Beasiswa Seni dan Budaya (BSBI) 2015

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

?

10 Maret 2015
 
Dalam program BSBI 2015 kali ini Republik Kroasia diwakili oleh Ms. Marina Pretkovic. Marina (27 tahun) memiliki latar belakang S-2 di bidang Sejarah, Etnologi dan Antropologi dari Universitas Zagreb, dan di Kroasia Ia merupakan pegawai magang di Kementerian Kebudayaan Kroasia. Sebelum berangkat ke Indonesia, Marina mengatakan bahwa Ia sangat senang terpilih dan sangat antusias untuk mempelajari lebih jauh lagi kebudayaan Indonesia, serta memiliki keinginan yang tinggi untuk belajar Bahasa Indonesia.
 
Di Indonesia, Ia rencananya akan mendapat pelatihan seni dan pengenalan budaya Indonesia, dan pada akhir program tersebut Ia beserta peserta BSBI 2015 lainnya akan menampilkan pertunjukan seni tersebut.
 
Sementara itu, pada tanggal 9 Maret 2015, Marina dan penerima beasiswa BSBI 2015 dari seluruh dunia yang berjumlah 70 orang hadir dalam acara pembukaan oleh Menlu RI, Ibu Retno Marsudi di Gedung Pancasila. Pada acara pembukaan tersebut, Menlu Retno bahwa para pemuda dan pemudi ini sedang membangun “jembatan” bagi rasa saling pengertian, perdamaian, dan kemakmuran bagi dunia. Jembatan ini, menurutnya, termanifestasi dalam seni dan budaya. Pada akhir sambutannya, Menlu Marsudi mengatakan “Let’s create a bridge. Let’s fill this globe we are living in with love and let’s spread our beautiful friendship”