Temu Masyarakat Indonesia di Yangon dengan Menlu RI

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

            Pada tanggal 30 Maret 2010, Menteri Luar Negeri RI DR. R.M. Marty M. Natalegawa tiba di Yangon untuk melakukan kunjungan perkenalan dengan pejabat Pemerintah Myanmar hingga tanggal 1 April 2010. Sekitar pukul 20.00 waktu setempat, beliau beserta Ibu Sranya Natalegawa tiba di Kedutaan Besar RI untuk bertemu dengan masyarakat Indonesia yang berada di Yangon.

 

            Acara temu masyarakat tersebut dibuka dengan sambutan oleh Duta Besar RI untuk Uni Myanmar Sebastianus Sumarsono, dilanjutkan dengan sambutan Menteri Luar Negeri RI. Pada kesempatan tersebut, beliau menyapa sekitar 100 warga masyarakat yang hadir, dan secara singkat menyampaikan perkembangan situasi dan kondisi di tanah air sebagai 'oleh-oleh' bagi mereka yang telah lama berada di rantau. Beliau juga menyampaikan pesan-pesan bagi seluruh warga negara Indonesia yang berada di Myanmar, agar selalu menjaga citra bangsa dan hubungan baik dengan masyarakat di negara setempat.

 

            Di samping temu masyarakat, malam itu Menteri Luar Negeri RI juga berkenan untuk meresmikan penggunaan kembali bangunan Rumah Gadang yang berada di dalam compound KBRI, setelah dilakukan renovasi pasca badai Nargis. Beliau melakukan pengguntingan rangkaian melati, kemudian menandatangani prasasti yang akan diletakkan pada salah satu tembok bangunan. Untuk memeriahkan acara peresmian, sebuah Tari Persembahan dari Sumatera Barat dibawakan oleh remaja-remaja Indonesia dan Myanmar.

 

            Setelah itu, Paduan Suara KBRI Yangon yang terdiri dari personil KBRI dan guru-guru Indonesian International School Yangon (IISY) yang berkewarganegaraan Indonesia dan Myanmar, tampil membawakan lagu "Membangun Persahabatan" karya Duta Besar RI. Tampilan tersebut mendapat sambutan yang cukup meriah dari para hadirin, termasuk Menteri Luar Negeri RI beserta Ibu.

 

            Kemudian pemotongan tumpeng pun dilakukan sebagai tanda syukuran, dan disambung dengan acara makan malam. Permainan kulintang oleh Dharma Wanita Persatuan KBRI Yangon, Tari Bogelan oleh siswa-siswa IISY, dan organ tunggal menghibur para tamu undangan seraya mereka menikmati berbagai hidangan khas Indonesia yang tersedia.

 

            Acara lalu diakhiri dengan foto bersama dengan Menteri Luar Negeri RI beserta Ibu dan Duta Besar RI beserta Ibu, yang dilakukan secara bergiliran.