Penyerahan Bantuan Tunai Myanmar untuk Korban Gempa di Indonesia

11/6/2009

 

Pada tanggal 5 November 2009, bertempat di kantor Kementerian Luar Negeri Myanmar di Yangon, telah dilangsungkan acara serah terima bantuan tunai sebesar US$ 50,000 (lima puluh ribu dollar AS) dari Menteri Luar Negeri U Nyan Win yang mewakili Pemerintah Myanmar kepada Duta Besar LBBP RI Sebastianus Sumarsono sebagai wakil Pemerintah Republik Indonesia. Bantuan tersebut diberikan oleh Pemerintah Myanmar untuk membantu para korban bencana gempa bumi di Padang, Sumatera Barat. 

 

Bantuan dalam rangka kemanusiaan ini merupakan balasan dari Pemerintah Myanmar bagi Pemerintah Indonesia yang sebelumnya juga telah memberikan sumbangan tunai untuk mendukung upaya-upaya rehabilitasi pasca badai Nargis di Myanmar. Pertukaran goodwill antara kedua negara menunjukkan eratnya hubungan persahabatan dan saling pengertian yang telah terjalin selama ini.

 

Pada kesempatan yang sama, Menlu U Nyan Win juga menyampaikan sumbangan dari Pemerintah Myanmar kepada Duta Besar Filipina untuk Myanmar Ms. Maria Helen M. Barber dan Kuasa Usaha Sementara Laos Mr. Thongkhoun Sengphachan, sebagai bantuan kemanusiaan bagi para korban bencana badai Ketsana yang menimpa kedua negara tersebut.