Upayakan peningkatan hubungan ekonomi, KBRI Wellington selenggarakan Forum Bisnis Indonesia-Selandia Baru

​​​Dalam Informal Business Dialogue yang diselenggarakan oleh KBRI Wellington di Queenstown, 27 November 2015, hadir kalangan bisnis dan akademis Selandia Baru bertukar pikiran mengenai upaya peningkatan hubungan bisnis Indonesia-Selandia Baru.  Dubes RI, Jose Tavares, menyampaikan bahwa nilai perdagangan bilateral kedua negara selama 5 (lima) tahun terakhir cenderung meningkat rata-rata 3,25% per tahun dengan nilai total sebesar NZD 1,8 milyar pada tahun 2014. 

Dubes RI mengajak kalangan bisnis Selandia Baru dan Indonesia untuk terus meningkatkan hubungan kerjasama guna memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh kedua negara. Terlebih lagi dengan perdagangan kedua negara yang bersifat komplimenter, kalangan usaha di Selandia Baru dan Indonesi dapat berkolaborasi di bidang –bidang strategis, misalnya energi baru dan terbarukan (renewable energy), pertanian dan pangan, industry penerbangan (aviation), dan ekonomi kreatif berbasis IT.

Hadir pula dalam business dialogue tersebut adalah Direktur Keuangan PT Sri Rejeki Isman (Sritex), Presdir PT Sekar Laut Tbk, Komisioner Perdagangan Kedubes Selandia Baru, Direktur Bhara Tours, serta Asdep Pemasaran Pariwisata Asia Pasifik Kemenpar, Asdep Kerjasama Ekonomi Amerika dan Pasifik Kemenko Perekonomian dan Sekretaris Badan Promosi Pariwisata Provinsi Jawa Barat.

Kesempatan ini dimanfaatkan pula untuk menginformasikan kebijakan ekonomi pemerintah RI saat ini. “Kebijakan Pemerintah Jokowi saat ini fokus pada upaya menciptakan iklim usaha yang kondusif melalui berbagai paket kebijakan ekonomi yang meliputi pemangkasan birokrasi, mempercepat prosses perijinan, dan memberikan insentif untuk dunia usaha” papar Asisten Deputi Kerja Sama Ekonomi Kawasan Amerika dan Pasifik, Kemenko Perekonomian.

Dari forum dialog bisnis ini sejumlah inisiatif hubungan kerja sama terjalin antara Indonesia dan Selandia Baru antara lain di bidang pendidikan, pariwisata, serta pertanian dan produk makanan. (Sumber: KBRI Wellington)​​