Partisipasi Indonesia pada SEA Night Market II 2010

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Masyarakat Indonesia di Wellington dan Palmerston North yang tergabung dalam PPI (Persatuan Pelajar Indonesia) Wellington, PPI Palmerston North, Kamasi (Keluarga Masyarakat Indonesia) di Wellington, NZIA (New Zealand–Indonesia Association), UMI (Umat Muslim Indonesia) di Wellington, dan Indonesian Christian Community berpartisipasi pada Southeast Asian Night Market II yang dihadiri ribuan warga kota Wellington pada tanggal 20 Maret 2010.

 

Partisipasi masyarakat Indonesia Indonesia yang difasilitasi KBRI Wellington tersebut mempersembahkan aneka makanan Indonesia seperti rendang, sate ayam, bakwan, springrolls, dan kue-kue khas Indonesia. Selain makanan, tim Indonesia juga menyumbangkan tari-tarian seperti Kecak Bali yang dibawakan PPI Palmerston North, Ngarojeng Betawi yang dibawakan oleh grup Pelangi Nusantara, serta tari Saman yang dibawakan oleh siswa-siswi SMA Islam Al Azhar Jakarta yang kebetulan tengah melakukan homestay di Wellington selama 10 hari. Tim Indonesia yang diwakili oleh Blue Rose, UMI dan Indonesian Christian Community menjual kerajinan tangan khas Indonesia seperti ukiran, cenderamata, dan batik. Tim Indonesia juga diperkuat oleh kehadiran Dimas Soeryoputro, pemain jazz professional Indonesia yang bermukim di Wellington.

 

SEA Night Market II diselenggarakan oleh Wellington City Council dan Asia:NZ Foundation. Sebagaimana SEA Night Market I yang diselenggarakan tahun 2008, SEA Night Market II berhasil menyedot ribuan pengunjung yang memadati stand-stand negara-negara ASEAN seperti Malaysia, Filipina, Thailand, Vietnam, Singapura, dan tentunya Indonesia. Negara-negara ASEAN berlomba menunjukkan keseniannya di panggung yang didirikan di atas air oleh pihak panitia. SEA Night Market II juga dimeriahkan dengan berbagai atraksi seperti Barongsay, models parade, gamelan Jawa oleh Padang Monchar Victoria University of Wellington, wayang kulit oleh Dr. Joko Susilo (Otago University), kickboxing oleh Wellington Kickboxing Club, tai chi oleh Wellington School of Tai Chi, dan kung fu oleh Wellington Wing Tsun Kung Fu School.

 

Jennifer King, direktur budaya dari Asia:NZ Foundation menyatakan bahwa KBRI Wellington dan masyarakat Indonesia memainkan peran vital bagi suksesnya SEA Night Market II. Warga Selbar sungguh beruntung menyaksikan suguhan budaya Indonesia yang memang sangat indah.