Menteri Urusan Pendidikan dan Etnik Selbar: Batik Indonesia Memiliki Nilai Seni Paling Tinggi

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

“Walaupun batik diproduksi oleh beberapa negara, batik Indonesia sangat maju dan memiliki nilai seni yang paling tinggi.” Hal ini diakui oleh Menteri Urusan Etnik Selandia Baru (Selbar), Chris Carter dalam sambutannya pada fashion show  Batik karya Adjie Notonegoro di Auckland pada 24 April 2008. Menteri Carter lebih jauh mengharapkan ketrampilan dan pengalaman yang dimiliki Adjie dapat menginspirasi perancang Selandia Baru.

Lebih dari 300 targeted audience yang diantaranya adalah anggota perlemen Selbar, komunitas perancang busana, kalangan pengusaha distributor tekstil, akademisi dan swasta lainnya serta Menteri Carter memberikan standing ovation  usai sepuluh peragawati Indonesia memperagakan batik karya Adjie Notonegoro di acara tersebut.

Fashion Show Batik diadakan  oleh KBRI Selandia Baru dengan menampilkan sekitar 24 koleksi kebaya serta gaun malam dari bahan batik karya Adjie Notonegoro. Acara ini merupakan rangkaian kegiatan  Batik: Heritage of Indonesia – World Tour 2008 yang diprakarsai oleh Ditjen IDP Deplu. Acara ini mendapat liputan yang marak oleh beberapa media setempat diantaranya TV1, TV3, Business Review Magazine, Asia Magazine, Harian The New Zealand Herald dan Radio New Zealand. 

Duta Besar RI untuk Selandia Baru, Amris Hassan dalam sambutannya menyampaikan bahwa selain mempromosikan batik sebagai produk budaya Indonesia, fashion show juga diharapkan dapat meningkatkan persahabatan kedua negara melalui pemahaman budaya dan people-to-people contact.  Dubes RI juga mengungkapkan bahwa acara ini merupakan salah satu rangkaian persembahan KBRI menyambut 50 tahun hubungan diplomatik RI-Selbar.

Inisiatif Ditjen IDP Deplu untuk meluncurkan World Tour ini memberikan kesempatan bagi warga Selbar khususnya untuk mengagumi karya perancang kebaya dan batik terbaik.  Konsep modern dan elegan yang dikembangkan Adjie dalam rancangannya menarik perhatian dan sesuatu yang diluar dugaan.

Di tengah acara fashion show di Auckland, dilaksanakan pula kegiatan melelang sebuah baju yang disumbangkan Adjie dan berhasil mengumpulkan dana sebesar $1500 untuk diserahkan kepada NZ Breast Cancer Foundation.  Kegiatan sosial semacam ini tentunya dihargai dan mengundang simpatik warga Selbar. (pw/ss) (Sumber: KBRI Selandia Baru)