Konsul Kehormatan RI Dilantik di Auckland

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Paul White resmi dilantik sebagai Konsul Kehormatan RI di Auckland oleh Dubes Amris Hassan, atas nama Pemerintah Indonesia, Minggu (27/05) lalu bertempat di gedung Beca International Auckland. Paul White menggantikan pendahulunya, Ian Clive Mackly. Pelantikan ini sekaligus menandai pengaktifan kembali fungsi Konsul Kehormatan RI di Auckland yang kosong sejak pertengahan tahun 2007.
 
Direktur Kementerian Luar Negeri Selandia Baru, Michael Chilton; pendiri Beca Groups, Sir Ron Carter; Konjen AS di Auckland merangkap Dean of Consular Corps, Konjen Jepang dan Samoa di Auckland tampak hadir dalam acara pelantikan tersebut, beserta perwakilan dari perkumpulan masyarakat Indonesia di Auckland.
 
Dubes Amris Hassan dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kesediaan Paul White untuk memangku tanggung jawab tersebut. Selanjutnya, Dubes RI berharap agar Konsul Kehormatan yang baru dapat mengidentifikasi dan memanfaatkan peluang kerjasama ekonomi, dagang, turisme antara Indonesia dan Selandia Baru, meningkatkan kontak people-to-people, serta meningkatkan pelayanan dan perlindungan kepada hampir 3000 WNI yang berdiam di daerah kerja Konhor RI (Auckland, Hamilton dan Port Waikato).
 
Dubes RI menambahkan bahwa KBRI di Wellington akan memberikan dukungannya kepada Konsul Kehormatan yang baru dalam melaksanakan tugas-tugasnya.
 
Paul White menyatakan bahwa kepercayaan pemerintah RI tersebut merupakan sebuah kehormatan bagi yang bersangkutan. White sudah mengenal Indonesia sejak tahun 1990 saat yang bersangkutan ditugaskan oleh perusahaan Beca Group untuk menangani beberapa proyek infrastruktur di Indonesia. Sejak itu, White telah menghabiskan beberapa tahun di Indonesia.
 
Menyusul pelantikannya, White menyampaikan harapan akan terjalinnya kerjasama yang baik antara Konsul Kehormatan RI dengan KBRI serta pihak-pihak terkait, hingga pada akhirnya dapat meningkatkan hubungan dan kerjasama Indonesia dan Selandia Baru.
 
Paul White, terlahir 5 Mei 1958, kini menjabat sebagai Managing Director Beca International Holdings Ltd. Selama 1990-1994, White ditugaskan sebagai Regional Director dan Senior Project Manager Beca Carter Hollings & Ferner Ltd. di Jakarta. Posisi Ketua ASEAN-New Zealand Combined Business Council, Indonesian Chapter merupakan posisi yang diembannya sebelum pelantikannya sebagai Konsul Kehormatan.