Resepsi Diplomatik HUT RI ke-68 dan HUT TNI ke-68 tahun 2013 Menandai Puncak Hubungan RI-AS dan Kepemimpinan Dubes Dr. Dino Patti Djalal sebagai Dubes RI untuk Amerika Serikat

11/20/2013

 

?Tepuk tangan meriah sekitar lebih dari 450 undangan seusai sambutan yang disampaikan oleh Dubes Dino Patti Djalal serta kehadiran tokoh-tokoh kunci yang mewakili pemerintah, legislatif dan kantor Presiden AS, menjadi bukti yang tidak bisa diingkari atas cerminan hubungan yang akrab dan persahabatan RI-AS yang diemban dengan baik oleh Dubes Indonesia untuk AS tersebut. Banyaknya tamu undangan yang hadir dari berbagai kalangan dan memenuhi Ruangan Presiden, Ruangan Garuda dan ruangan lainnya di KBRI Washington DC, sekaligus menjadi penanda bahwa upaya memajukan kemitraan strategis RI-AS di berbagai sektor; demokrasi dan pemberdayaan masyarakat sipil, pendidikan, perdagangan dan investasi, energi dan sebagainya berjalan dengan baik.

 

Kemeriahan tersebut merupakan bagian dari resepsi diplomatik dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI yang ke-68 dan HUT TNI ke-68 yang diselenggarakan di Washington DC tanggal 20 November 2013. Kumandang lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan lagu kebangsaan Amerika Serikat, The Star-Spangled Banner, yang dinyanyikan wakil diaspora Indonesia menandai awal acara dan semakin mensyahdukan suasana.  Pada resepsi tersebut Dubes RI Dr Dino Djalal dan Ibu dengan Atase Pertahanan Brigjen TNI Witjaksono dan Ibu menyambut  tokoh-tokoh kunci yang sekaligus menjadi guest of honor yakni: Daniel R. Russel (Assistant Secretary for the Bureau of East Asian and Pacific Affairs), Ben Rhodes (Assistant to the President and Deputy National Security Advisor for Strategic Communications), Robert Scher (Deputy Assistant Secretary of Defense for Plans) dan Congressman Ed Royce (Ketua Komite Luar Negeri Kongres AS). Selain itu hadir pula tokoh-tokoh lainnya seperti Congressman Jim McGovern, dan mantan dubes AS untuk Indonesia Ambassador Scott Marciell yang saat ini menjadi Deputy Assistant Secretary Kemlu AS.

 

Acara resepsi diplomatik yang dihadiri oleh para tamu-tamu penting baik dari kalangan pejabat, diplomat negara sahabat, pengusaha, lembaga think tank dan NGO, tokoh masyarakat, akademik dan mahasiswa, ada satu hal yang istimewa dari kegiatan kali ini. Resepsi diplomatik kali ini menjadi momen bagi Dubes Indonesia untuk AS menyampaikan sambutan sekaligus perpisahan  mengingat segera mengakhiri masa tugasnya di AS dan kembali ke Indonesia.  Pada sambutannya, Dubes Dino selain menyampaikan penghargaan kepada semua pihak juga mengharapkan agar segala upaya dan kemitraan yang telah terbina selama ini dapat diteruskan. Dubes juga  bersedia kedepannya untuk tetap membantu upaya memaksimalkan potensi hubungan kedua Negara, meskipun sudah tidak lagi menjabat sebagai Dubes Indonesia untuk AS. (Menunggu quote bapak Dubes..) “Indonesia kini telah menjadi bangsa yang penuh potensi, peluang dan prestasi. Indonesia kan menjadi bagian penting dari abad Asia Pasifik. AS akan lebih mengenal dan memperhitungkan Indonesia”

 

Berbagai ungkapan penghargaan disampaikan oleh guest of honor dan para tamu yang hadir atas kerjakeras dan keberhasilan Dubes Dino dalam meningkatkan hubungan Indonesia dan AS. Banyak dari mereka yang hadir menyampaikan kenangan berbagai momen kreatif yang telah dilakukan oleh Dubes Dino.  (Quote singkat beberapa tokoh penting..) Ben Roth : menyampaikan salam Presiden Obama; Danny Russel : ………………

 

Suasana Resepsi Diplomatik yang sangat meriah tersebut juga didukung dengan penataan dekorasi khas yang menampilkan kekayaan khasanah budaya bangsa. Tampilan gamelan yang dimainkan diaspora Indonesia menyambut para tamu di lobby. Tatanan apik dari batik-batik hasil pemenang Desain Batik Amerika menjadi latar belakang yang menawan di ruangan acara. Selain itu juga dekorasi etnik kasanah budaya Indonesia mempu menarik para tamu undangan yang memadati gedung KBRI yang bersejarah tersebut. Sajian berbagai makanan dan minuman khas Indonesia yang mengundang selera menjadi pelengkap kemeriahan suasana resepsi tersebut. Suasana menghibur dan berbagai sajian yang menarik menjadi penghapus dinginnya udara Washington DC yang saat ini mulai memasuki musim dingin.  Selamat HUT RI & HUT TNI ke-68 dan Selamat Jalan Bapak Dubes Dino Djalal & keluarga.