MALAM PENGANUGERAHAN PEMENANG KOMPETISI DESAIN BATIK AMERIKA 2013 DAN AWAL PENYELENGGARAAN INDONESIAN CELEBRATION WEEK TANGGAL 30 OKTOBER 2013 DI WASHINGTON DC

10/30/2013

 

Melanjutkan kesuksesan penyelenggaraan Kompetisi Desain Batik Amerika Pertama (The 1st American Batik Design Competition) pada tahun 2011, Kedutaan Besar Republik Indonesia di Washington DC, bekerjasama dengan Konsulat Jenderal Indonesia di Chicago , Houston , Los Angeles , New York dan San Francisco, telah meluncurkan Kompetisi Desain Batik Amerika yang ke-2 ( The 2nd American Batik Design Competition) pada bulan Maret 2013. Kompetisi desain batik yang diikuti oleh peminat dari berbagai kalangan; desainer, pebisnis, pelajar, pecinta seni dan sebagainya tersebut telah memasuki tahap final dengan menghasilkan 5 (lima) finalis.

 

Dalam kaitan tersebut, telah diselenggarakan Malam Penganugerahan (Gala Dinner) Pemenang Kompetisi Batik Desain Amerika yang ke-2 pada tanggal 30 Oktober 2013 di Mandarin Oriental Hotel, Washington DC, AS. Acara diawali dengan Pameran Batik Indonesia, menampilkan koleksi kekayaan khasanah batik dan tekstil Indonesia serta batik kreasi dari para finalis Kompetisi. Gala Dinner dibuka dengan sambutan oleh Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat, Dr Dino Patti Djalal, dan peresmian acara oleh  Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X.

 

Dubes Dino Djalal dalam sambutannya antara lain mengatakan, “penyelenggaraan kompetisi Desain batik Amerika yang ke-2 ini diharapkan dapat meningkatkan gaung kreatifitas seni batik dalam budaya Amerika. Selain itu juga akan menghubungkan komunitas kreatif seni-budaya yang ada di AS dan Indonesia”. Mimpi selanjutnya kata Dubes Dino Djalal, “ingin melihat batik menjadi salah satu trend fashion di kancah mode dunia, seperti di New York atau pusat-pusat mode dunia lainnya”.

 

Sri Sultan Hamengkubuwono X yang hadir dan membuka secara resmi perhelatan ini juga menyampaikan penghargaan terhadap apresiasi yang semakin tinggi terhadap batik Indonesia. “Kompetisi Desain Batik Amerika ini tidak saja akan meningkatkan ragam batik dalam tataran internasional tetapi juga menjadi wahana meningkatkan hubungan antar masyarakat madani kedua negara”.

 

Malam Penghargaan juga menghadirkan peragaan busana batik Indonesia dari perajin batik ternama Indonesia, Alleira , dan Designer Tekstil terkenal Amerika yang berbasis di New York , Mary Jaeger. Turut menyemarakkan acara antara lain tampilkan beragam  tarian tradisional dan kontemporer Indonesia, serta musik tradisional Bali. Hadir secara khusus untuk menghibur tamu undangan pada malam Malam Penganugerahan ini adalah pemusik Diaspora Indonesia dari Belanda, Daniel Sahuleka yang membawakan lagu-lagu hit antara lain you make world so colorful, don’t sleep away this night dan sebagainya.


Kompetisi Desain Batik Amerika ini bertujuan untuk memperkenalkan
kreatifitas dan inovasi desain batik, sekaligus upaya untuk memperkenalkan batik kepada dunia serta mendorong budaya batik Indonesia ke ranah keragaman budaya Amerika . Sebagai informasi, American Batik Design Competition pada tahun 2011 adalah pertama kalinya kompetisi desain batik diselenggarakan di luar negeri, dan sekarang telah direplikasi di negara-negara lain seperti antara lain di Italia. Hal ini secara efektif membantu memperkuat hubungan people to people contact antara Amerika Serikat dan Indonesia, dan telah membawa budaya kreatif Indonesia lebih dekat dengan budaya populer Amerika. Apresiasi terhadap budaya Indonesia diperkuat ketika desainer Amerika belajar lebih banyak tentang batik, dilain pihak melalui kompetisi ini masyarakat Indonesia akan pula meningkatkan pemahaman akan nilai-nilai budaya Amerika. Kompetisi ini merupakan tantangan bagi desainer berbasis di AS menciptakan desain batik dengan gaya Amerika yang berbeda. Kompetisi kali ini bertema  - The spirit of America in the heritage of batik.


Sejak tahun 2011 , kompetisi telah menghimpun sembilan tema yang menakjubkan
dari para desain batik Amerika, antara lain tema desain : Cowboy , Totem, Divine Unity , Gandum , Pantai, Bintang dan garis (Stars and Stripes) , Binatang/kerbau (Buffalo) dan kode elektronik (QR Code). Pada Kompetisi Desain Batik Amerika tahun 2013, ada tambahan lima buah jenis desain batik Amerika. Hasil dari finalis Kompetisi ini yang berupa cetak biru pola batik, telah dibuat dan dicetak dalam kain batik yang utuh di Yogyakarta, dan dipamerkan pada acara Malam Penganugerahan Pemenang Kompetisi Batik Desain Amerika tersebut.

  .
Pada acara Malam Penganugerahan tersebut, para juri yang terdiri dari pengajar, desainer dan artis dari Indonesia dan AS, telah memilih 3 (tiga) desainer pemenang, yaitu Donna Backues, seorang artis studio, illustrator dari Philladelphia dengan tema desain “Ring of Fire Lighting the Flame of Liberty “; Anica Buckson, seorang pelajar fashion desainer dari Brighton, Massachusetts dengan desain batik yang bertema “North Native America”; dan Christiane Grauert, seorang Associate Professor dari Milwaukee Institute of Art and Design dengan tema desain “Many Faces Many Voices”. Ketiga pemenang mendapatkan tiket untuk melakukan perjalanan ke kota-kota di Indonesia selama dua minggu (tur batik) dan mengikuti pameran di Indonesia dan di Amerika Serikat. Selain itu, masing-masing pemenang juga menerima hadiah uang tunai sebesar $ 7.000,-


Batik merupakan seni melukis dan mewarnai tekstil menggunakan menggunakan lilin
pewarna khusus dengan canting atau metode lainnya. Seni tekstil batik dengan segala corak, pola dan desainnya sudah sangat terkenal dan tersebar luas di seluruh Indonesia . Hal ini telah menjadi bagian integral dari identitas budaya Indonesia.


Acara Malam Penganugerahan ini juga sekaligus digunakan sebagai awal Pekan Perayaan Indonesia (Indonesian Celebration Week) yang akan dimulai tanggal 31 Oktober - 4 November 2013. Pekan Perayaan Indonesia akan menyajikan marathon atau rangkaian pertunjukan gamelan Indonesia yang berasal dari seluruh Amerika dan juga beberapa kelompok gamelan Indonesia (dari Padang Panjang dan Bali) yang akan menyemarakkan acara tersebut. Selain itu acara Pekan Perayaan Indonesia juga akan diisi dengan rangkaian seminar etnomusikologi, gamelan, serta pertunjukan wayang kulit.  Selain gamelan, rangkaian acara tersebut juga akan diwarnai dengan berbagai seni kreatif dan pertunjukan budaya Indonesia seperti musik , tarian , teater , batik dan film yang akan menjadikan acara Perayaan tersebut sebagai pertunjukan keragaman Indonesia yang sangat komprehensif di AS. Rangkaian acara Indonesian Celebration Week tersebut akan dilaksanakan di Sakler Gallery-Smithsonian, Washington DC.


Malam Penganugerahan dihadiri oleh sekitar 500 orang, termasuk pejabat seperti anggota Kongres dan Senat AS , pejabat tinggi pemerintah, para Duta Besar ASEAN dan negara-negara sahabat serta korps diplomatik, seniman, pebisnis AS/ CEO perusahaan AS, para finalis dan hakim Kompetisi Desain Batik dan undangan lainnya.  


Rangkaian kegiatan Kompetisi Batik Desain Amerika yang kedua serta Acara Malam Penganugerahan tersebut terselenggara atas kerjasama  Kedutaan Besar Republik Indonesia di Washington DC dan didukung oleh Bank Negara Indonesia (BNI 46), Freeport McMoRan , Chevron dan PERTAMINA.