KUNJUNGAN LAKSAMANA TNI (PURN.) DR. MARSETIO, MM KE WASHINGTON DC, 3-6 FEBRUARI 2015

2/6/2015

 
Pada tanggal 3 – 7 Februari 2015, mantan Kepala Staf Angkatan Laut RI periode 2012 – 2014, Laksamana TNI (Purn.) Dr. Marsetio, M.M telah mengadakan kunjungan ke Washington DC, AS guna memenuhi undangan untuk menghadiri acara National Prayer Breakfast, acara tahunan yang diselenggarakan pada tanggal 6 Februari 2015 oleh anggota Kongres AS bekerja sama dengan The Fellowship Foundation.
 
Selain menghadiri acara tersebut, Dr. Marsetio, M.M juga telah mengadakan beberapa pertemuan dengan para counterparts di AS. Pada tanggal 3 Februari 2015, atas undangan khusus dari Todd C. Chapman, Principal Deputy Assistant Secretary of the Bureau of Political-Military Affairs, Kemlu AS, telah diadakan pertemuan untuk peningkatan hubungan baik dan saling tukar pikiran tentang lingkup kerja sama maritim di wilayah Asia Pasifik. Pada pertemuan, Dr. Marsetio, M.M. didampingi oleh Atase Laut RI untuk AS, Kolonel Laut Halili, SH dan Lettu Laut Prima Anugerah. Di kesempatan tersebut, disampaikan apresiasi terhadap kinerja Angkatan Laut RI dan prestasi Laksamana TNI (Pur) Dr. Marsetio pada saat menjabat sebagai KASAL RI, termasuk di bidang kerja sama kawasan di bidang keamanan maritim.
Dr. Marsetio, M.M juga telah melakukan pertemuan dengan Presiden US National Defense University (NDU), Mayjen (USMC) Frederick M. Padilla di kampus NDU, yang membahas mengenai peningkatan hubungan, masalah keamanan maritim di Asia Pasifik dan kerja sama pendidikan (pengiriman siswa TNI AL ke NDU) serta capacity building. Pada pertemuan tersebut, Dr. Marsetio didampingi oleh Atase Laut RI dan Kolonel Laut Syamsul Bahri, yang sedang menempuh pendidikan di NDU. Pertemuan diakhiri dengan saling tukar menukar cindera mata dan pemberian buku Indonesian Sea Power kepada President NDU dan beberapa orang staff. 6 FEB
2
 
Pada kesempatan kunjungan ini, Dr. Marsetio juga diundang oleh lembaga think-tank AS, Center for Strategic and International Studies (CSIS), sebagai pembicara pada acara pertemuan roundtable yang membahas mengenai isu-isu keamanan maritim wilayah Asia Pasifik. Seminar dihadiri oleh sekitar 20 orang experts dari berbagai think-tank yang berbasis di Washington DC, termasuk Senior Adviser and Sumitro Chair for Southeast Asia Studies, Ernest Z. Bower. Pada acara dimaksud, Dr. Marsetio menjelaskan tentang situasi keamanan maritim di Asia Pasifik dari perspektif Indonesia, termasuk pentingnya kerja sama dan saling meningkatkan confidence building measures (CBM) di Laut China Selatan dalam upaya peningkatan keamanan maritim di kawasan. Melalui pertemuan tersebut, Dr. Marsetio mengajak para pakar think-tank yang hadir untuk bersama-sama merumuskan dan memikirkan penyelesaian terbaik tentang persoalan-persoalan yang terjadi di Laut China Selatan, dan berbagai permasalahan yang terjadi di kawasan Asia Pasifik. Pertemuan diakhiri dengan penyerahan buku Indonesian Sea Power kepada Ernest Bower dan beberapa anggota think-tank lainnya.