PENGHARGAAN TERTINGGI ALUMNI INDIANA UNIVERSITY SCHOOL OF EDUCATION BAGI PUTRA BANGSA INDONESIA

9/14/2009

Pada tanggal 11 September 2009, Prof. Dr. H.A.R. Tilaar telah menjadi warga Indonesia pertama menerima penghargaan tertinggi bagi alumnus Indiana University School of Education yaitu penghargaan Distinguished Alumni Award dalam sebuah acara Gala Dinner di kota Bloomington, Indiana. Gala Dinner tersebut di-host oleh Presiden School of Education Mr. Jack Humphrey dan dipandu oleh Dean Indiana University Mr. Gerardo M. Gonzales.

Distinguished Alumni Award yang diberikan mulai tahun 1977 adalah merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan setiap tahunnya oleh Indiana University School of Education kepada tiga alumnus yang dinilai telah memberikan kontribusi besar bagi pengembangan dunia pendidikan di negara mereka masing-masing. Penghargaan sejenis juga diberikan kepada dua orang alumnus lain, yaitu Dr. Young Hwan Kim dari Korea Selatan yang dinilai telah membantu pengembangan e-learning di Korea Selatan dan juga di Asia melalui APEC, serta Dr. Joseph J. Russell yang telah memainkan peran penting dalam pengembangan pendidikan masyarakat African-American di AS.

Selain itu, dua orang profesor dari Indiana University juga mendapat penghargaan atas perannya dalam memajukan School of Education, yaitu Prof. Eugene R. Temple yang menerima Robert H. Shaffer Distinguished Alumnus Award atas dedikasi dan kontribusinya dalam memajukan School of Education dan Prof. Erna Alant yang menerima Ottis Chair in Special Education Award atas kontribusinya bagi pengembangan metode pendidikan bagi mereka yang terbelakang perkembangan mentalnya.

Dr. H.A.R. Tilaar adalah profesor emeritus dari Universitas Negeri Jakarta dan memulai karir di dunia pendidikan pada tahun 1952. Setelah mendapat beasiswa dari USAID untuk belajar di University of Chicago, ybs kemudian melanjutkan pendidikannya ke Indiana University untuk mendapatkan gelar Master of Science in Education pada tahun 1966 dan gelar Doctoral in Education pada tahun 1967. Diantara pencapaian karir Dr. H.A.R. Tilaar diantaranya adalah termasuk 23 tahun mengabdi dan bekerja pada bidang pendidikan di BAPPENAS, dalam kapasitas sebagai Direktur bidang Pendidikan dan Kebudayaan serta sebagai Asisten Menteri untuk Pengembangan Sumber Daya Manusia, BAPPENAS. Bersamaan dengan tugas-tugas tersebut, ybs juga masih mampu menyisihkan waktu untuk menjadi profesor dan direktur Institut Manajemen Pendidikan di Universitas Negeri Jakarta. Pada tahun 1998, Dr. H.A.R. Tilaar menerima penghargaan Bintang Jasa Utama dari Pemerintah Indonesia.

Dalam sambutannya, Dr. H.A.R Tilaar yang didampingi oleh Ibu Martha Tilaar dan dua dari empat anaknya yaitu Pinkan Tilaar dan Kilala Tilaar, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Indiana University School of Education atas penghargaan tertinggi yang diberikan oleh Universitas kepada para alumninya. Setelah hampir 40 tahun, Dr. H.A.R. Tilaar kini kembali ke Universitas yang menganugrahkannya gelar MS dan EdD sehingga memberikan dasar yang kuat untuk dapat memberikan kontribusinya bagi Indonesia. Telah lebih dari 200 artikel dan 20 buku yang beliau tulis terkait dengan masukan dan saran bagi pengembangan dunia pendidikan di Indonesia, kini Dr. H.A.R. Tilaar bersama Prof. Peg Sutton dari Indiana University sedang menulis buku terbarunya tentang pendidikan Indonesia yang akan diterbitkan dalam waktu dekat.

Sebagai latar belakang, School of Education yang sejak tahun 1923 menjadi bagian dari Indiana University dan sejak tahun 1960an merupakan fakultas pendidikan terbesar di AS. Diantara alumnus ternama yang telah mengabdi bagi dunia pendidikan di AS antara lain Mr. Rod Paige yang merupakan mantan Secretary of Education dalam kabinet George W. Bush dari tahun 2001-2005. School of Education juga telah mendapat kepercayaan dari National Council for Accreditation of Teacher Education (NCATE) sebagai salah satu lembaga yang dipercayai untuk mengeluarkan akreditasi bagi para guru di AS. Saat ini terdapat sekitar 102 mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh jenjang sarjana dan program pendek di Indiana University. Selain itu, untuk mempererat hubungan universitas dengan Indonesia sebuah konsortium pendidikan dengan nama US-Indonesia Teachers Consortium (USINTEC) telah dibentuk untuk mempermudah kerjasama dunia pendidikan AS dan Indonesia.

Washington, D.C. 14 September 2009

***



Contact:
Ricky E.V. Ichsan
ricky.ichsan@embassyofindonesia.org
Tel: (202) 775-5295







Pdf Document